Logo Sulselsatu

PT Vale IGP Pomalaa Latih Talenta Lokal Operasikan Alat Berat

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 03 November 2023 19:31

Pelatihan talenta lokal di Blok Pomalaa PT Vale Indonesia. Foto: Istimewa
Pelatihan talenta lokal di Blok Pomalaa PT Vale Indonesia. Foto: Istimewa

SULSELSATU.comPT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa menggelar pelatihan pengoperasian alat berat bagi talenta lokal.

Pelatihan ini dalam upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil khususnya yang ada di wilayah operasional PT Vale.

Pelatihan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Selasa (31/10/2023). Sebanyak 45 talenta lokal kabupaten Kolaka mengikuti pelatihan yang berlangsung selama enam pekan.

Baca Juga : Transformasi Komunitas Dorong Keberlanjutan: PT Vale Indonesia Raih Subroto Award 2024

Selama lima pekan, peserta fokus pada teori. Sedangkan sisa satu pekan lagi dimanfaatkan untuk latihan praktik di area ground training IGP Pomalaa.

Pada pelatihan tersebut peserta diberikan materi teori pengoperasian alat berat, khususnya jenis excavator dan dump truck. Tidak hanya itu, peserta juga diberikan materi esensial mengenai Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3), sesuai nilai PT Vale yang mengutamakan keselamatan adalah hal terpenting.

Project Director PT Vale Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa Mohammad Rifai mengatakan, peserta diharapkan dapat memperoleh kemampuan mumpuni dalam mengoperasikan alat berat. Sekaligus memiliki pemahaman detail betapa pentingnya keselamatan dalam beraktivitas.

Baca Juga : Patuhi Regulasi SFR, PT Vale IGP Pomalaa Terapkan Sistem Pengadaan Terpadu

“Kami berharap pelatihan yang diperoleh dapat meningkatkan kemampuan peserta. Apalagi materi yang diberikan memang sangat dibutuhkan di dunia kerja seperti di sektor pertambangan. Kami harapkan mereka bisa segera terserap tidak saja di proyek milik PT Vale, tapi juga perusahaan lainnya, ” katanya.

Muhammad Rifai menuturkan, pada pelatihan alat berat ini, PT Vale membuka kesempatan bagi perempuan meningkatkan kemampuannya dengan mengikutkan 22 calon operator perempuan.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen perseroan dalam menerapkan Diversity, Inclusion, and Equity (DIE) dengan menghargai keberagaman, keikutsertaan, dan kesetaraan.

Baca Juga : Tertib Frekuensi, PT Vale IGP Pomalaa Raih Penghargaan Loka Monitor SFR Kendari

“Kami membuka kesempatan bagi seluruh talenta lokal untuk bisa bergabung dengan PT Vale termasuk perempuan, dalam memajukan perusahaan. Perseroan tentunya hadir ingin meningkatkan kualitas hidup. Bersama, ” tuturnya

Salah seorang peserta Yuliana Rayah menyampaikan apresiasi pada PT Vale yang memberikan kesempatan ikut pelatihan alat berat. Bagi Yuliana Rayah, pelatihan tersebut sangat penting dalam mendukung karirnya kedepan.

“Ini baru pertama kali bagi saya mengikuti pelatihan operator. Saya berharap ada kelanjutan pelatihan yang lebih mendalam, sehingga kita ke depan dapat mendapat pekerjaan berbekal sertifikat dan pengalaman dari pelatihan ini,” ungkapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video17 Oktober 2024 16:33
VIDEO: Presiden Jokowi Ungkap Arti Nama Cucu Keenam: Bebingah San Tansahayu
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo menjenguk cucu keenamnya dari Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Rabu (16/10) malam kemarin. Dalam kesempa...
Politik17 Oktober 2024 16:29
Debat Pertama Pilgub Sulsel Dijadwalkan 28 Oktober, Begini Persiapan KPU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisioner KPU Sulawesi Selatan, Hasruddin Husan, mengumumkan bahwa pelaksanaan debat calon gubernur dan wakil gubern...
Hukum17 Oktober 2024 16:10
Tiga Komisioner KPU Palopo Ikut Tersangka Kasus Pemalsuan Ijazah Bersama Trisal Tahir
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gakumdu Palopo menetapkan Calon Wali Kota Palopo, Trisal Tahir, sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan ijazah...
Berita Utama17 Oktober 2024 16:03
Bukit Baruga di Pameran REI-Panin 2024, Insentif PPN 100 Persen dan Subsidi KPR Hingga Rp30 Juta
Bukit Baruga sebagai penyedia hunian eksklusif di Makassar, berpartisipasi dalam Pameran Real Estate Indonesia (REI) oleh Bank Panin....