Potensi Agrowisata Desa Kassi Masuk Visitasi ke-51 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Potensi Agrowisata Desa Kassi Masuk Visitasi ke-51 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Desa Kassi Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk dalam visitasi ke-51 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

ADWI 2023 adalah penyelenggaraan tahun ketiga. Anugerah Desa Wisata Indonesia adalah program unggulan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing global, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

“Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan desa wisata berkelas dunia Untuk menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga Uno.

Desa Wisata Agrowisata Kassi
Terletak di kawasan pegunungan Kabupaten Jeneponto Kecamatan Rumbia, menjadikan Desa Kassi sebagai pertumbuhan agro yang subur dengan curah hujan tinggi.

Desa Kassi sangat mendukung wisata agro berdiri. Desa Kassi atau yang biasa disebut Butta Panggallarrang (pemberian gelar) menjadi kawasan wisata bukan hanya agro, tetapi religi budaya, kuliner dan kesenian.

Dari Jakarta, menuju Desa Wisata Kassi dapat melalui jalur udara, Penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Sultan Hasanudin Makassar selama 2 jam 25 menit. Dilanjutkan perjalanan darat dengan waktu kurang lebih 3 jam 30 menit.

Agrowisata dan edukasi cocok tanam
Desa wisata Kassi memiliki keunggulan berupa daya tarik agrowisata sekaligus edukasi bercocok tanam.

Pengunjung dapat langsung belajar cara pengolahan kopi secara tradisional, bercocok tanam buah dan sayur dan tentunya bisa merasakan pengalaman berharga memanen langsung buah dan sayur dan menikmati hingga menjadi buah tangan.

Ditemani udara yang sejuk membuat berlibur di sini makin membuat betah dan nyaman.

Pemandian Mata Air Kassi
Makin segar, pengunjung juga dapat merasakan sensasi berenang di pemandian mata air yang menyegarkan dengan udara sejuk di kelilingi lahan agrowisata buah dan sayur, memanjakan mata di Pemandian Kassi.

Rumah Daur Ulang
Desa Kassi di Kabupaten Jeneponto juga punya rumah daur ulang yang menjadi sarana edukasi untuk mendaur ulang sampah jadi Rupiah.

Belajar Kuliner Khas
Ditambah lagi pengolahan kuliner khas pun menjadi paket wisata yang menarik, seperti pengolahan Lammang Bambu, Sate kuda dan Gantala Jarang Dll.

Air Terjun Garuntung
Air terjun garuntung memiliki keindahan yang luar biasa, dengan susunan batu yang unik selain itu area air terjun di kelilingi perkebunan warga, sekitar 10 menit saja dari pusat desa Kassi wisatawan dapat langsung menikmati pemandangan air terjun.

Selain menikmati air terjun wisatawan bisa ikut langsung memanen sayuran atau bisa petik buah alpukat secara langsung dan beberapa buah lainnya. sepertinya wajib banget trekking kalau liburan ke Desa Kassi.

Dari segi seni dan budaya di sini juga ada Festival Galarrang Kassi dan aneka tari dan musik tradisional khas Makassar.

Homestay & Toilet
Bagi pengunjung yang berwisata ke Desa Wisata Kassi, terdapat banyak sekali penginapan yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, sarapan pagi dan makan-makanan khas Desa Kassi.

Beberapa homestay di antaranya adalah, Homestay Kassi mulai dari Rp150 ribu per malam.

Fasilitas umum di Desa Wisata ini sudah cukup baik seperti toilet bersih yang dibangun dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan warga.

Suvenir
Beragam suvenir tersedia disini sekaligus edukasi pembuatannya. Dari aneka olahan buah dan sayur segar, kopi, lammang, olahan kuliner kuda hingga produk kain adat dan anyaman.

Digital dan kontem kreatif
Desa Wisata Kassi memiliki website resmi maupun social media official. Kegiatan Beberapa akun yang dimiliki desa antara lain:
Akun Facebook : Desa Kassi Rumbia Jeneponto
Akun Instagram : @desakassirumbia / @kolamrenangkassi

Kelembagaan Desa dan CHSE
Kelompok Sadar Wisata dan Kelembagaan Desa di Desa Wisata Agrowisata Kassi sudah sangat baik dan termanajemen dengan baik, bahkan pengelolaan juga sangat transparan dan dapat diakses dengan mudah melalui akun officialnya yang dikelola Pokdarwis/Pengelola Desa Wisata Kassi.

Terkait CHSE, Desa Wisata Kassi pun senantiasa menjaga kebersihan dan menyediakan sarana prasana CHSE memadai dan termasuk perihal mitigasi bencana dan kebersihan kampungnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga