Logo Sulselsatu

Provinsi Pertama di Indonesia, Seluruh Pemda di Sulsel Sahkan Perkada KKPD

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 05 Desember 2023 22:02

25 Pemda di Sulsel sahkan Perkada KKPD. Foto: Istimewa
25 Pemda di Sulsel sahkan Perkada KKPD. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com – Provinsi SULSEL jadi pertama di Indonesia yang seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) menyahkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Total, 25 Pemda di Sulsel telah memiliki Perkada KKPD.

Pengesahan ini dilakukan dalam acara launching KKPD, HLM TP2DD, dan Apresiasi Ekonomi & Keuangan Digital Sulsel di Claro Makassar, Selasa (5/12/2023).

Selanjutnya, 17 dari 25 Pemda tersebut juga meluncurkan KKPD, yaitu Barru, Bulukumba, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Utara, Makassar, Maros, Palopo, Pangkajene dan Kepulauan, Parepare, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, dan Wajo.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Siapkan Rp12,38 Miliar Uang Layak Edar untuk Lima Pulau 3T

Jajaran Pemda tersebut menyusul Pemprov Sulsel yang telah melakukan hal serupa pada 4 Oktober 2023 lalu. Capaian ini menjadikan Sulsel dengan implementasi KKPD terbanyak di Indonesia.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menekankan, pentingnya mengubah tata kelola keuangan daerah dengan menghadirkan model transaksi dalam bentuk KKPD.

Menurutnya, implementasi KKPD sudah lama direncanakan oleh Kementerian Dalam Negeri tetapi baru berhasil terwujud pada kegiatan ini.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Bank Indonesia Sulsel Sasar Lima Pulau 3T Kepulauan Selayar

“Dengan KKPD, transaksi belanja menjadi lebih sehat bagi organisasi karena tidak dapat dimanipulasi serta lebih efisien karena mengurangi keperluan administrasi,” jelas Bahtiar Baharuddin.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan simulasi secara langsung transaksi KKPD menggunakan Kartu Kredit Indonesia Segmen Pemerintah untuk pembelian barang BKAD Provinsi Sulsel.

Direktur Utama Bank Sulselbar Yulis Suandi menambahkan, Pemprov Sulsel telah melakukan pembelanjaan kebutuhan ATK menggunakan KKPD pada tanggal 28 November 2023.

Baca Juga : MDA Bersama Balai Latihan Kerja Kabupaten Luwu Tingkatkan Kapasitas Kerja Masyarakat

“Kami berharap seluruh stakeholder dapat bersinergi bersama Bank Sulselbar untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang transparan, mudah, cepat dan akuntabel,” tuturnya.

Selain launching KKPD, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel (BI Sulsel) Causa Iman Karana bersama Pj Gubernur Sulsel juga menyerahkan penghargaan kepada beberapa pihak.

Di antaranya, Pemda dan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang dianggap berkontribusi aktif dan terdepan dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Sulsel.

Baca Juga : Kabupaten Gowa Satu-satunya Peraih SAKIP Predikat BB di Sulsel

Beberapa penghargaan tersebut meliputi akselerasi pembayaran pajak dan retribusi secara non tunai, ASN Go Digital, edukasi transaksi digital, akuisisi merchant QRIS, serta akuisisi pengguna QRIS.

Adapun penghargaan tertinggi, QRIS Champion of the Year 2023 diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang untuk kategori Pemda dan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Region X/Sulawesi dan Maluku untuk kategori PJP.

Kepala BI Sulsel Causa Iman Karana mengharapkan, sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah, Bank Indonesia, PJP, dan seluruh pihak dapat terus ditingkatkan. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Sulsel melalui digitalisasi ekonomi dan keuangan.

Baca Juga : Tren Realisasi PAD Pemkab Gowa Meningkat Lampaui Target

“Kami ingin menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh stakeholders terkait atas kolaborasi dan kerja sama perluasan ekonomi dan keuangan digital, Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Cinta Bangga Paham Rupiah,” kata Cik sapaan akrabnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga18 Oktober 2024 07:36
Empat Jagoan Astra Honda Siap Melaju di Final Kejurnas MRS 2024
Pada akhir pekan ini (19-20/10/2024), para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) akan turun pada putaran final ajang balap Kejuaraan Nasional, Manda...
Video18 Oktober 2024 00:07
VIDEO: Warga Gotong Royong Hadang Maling Minimarket
SULSELSATU.com – Kejadian di Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (16/10/2024) kemarin. Pelaku menggunakan mobil merk Honda Mobilio warna hitam Nopo...
Video17 Oktober 2024 21:41
VIDEO: Polisi Tindak Mobil PickUp ‘ODOL’ di Makassar
SULSELSATU.com – Satlantas Polrestabes Makassar melanjutkan Operasi Zebra Pallawa 2024 pada Kamis (17/10) siang. Dalam operasi tersebut, sebuah ...
Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...