Logo Sulselsatu

Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulawesi Selatan Perkuat Sinergi Entitas Pelabuhan

Asrul
Asrul

Sabtu, 09 Desember 2023 16:56

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kerjasama antar instansi dan para stakeholder terus dilakukan oleh Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulawesi Selatan. Hal ini guna memperkuat kerjasama dengan entitas pelabuhan utama makassar. Koordinasi antar entitas Pelabuhan digelar dalam bentuk ngobrol santai, Jumat (8/12/2023).

Sosialisai Peraturan Presiden Nomor 45 tahun 2023 tentang Badan Karantina Indonesia menjadi salah satu topik diskusi.

Pejabat Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulawesi Selatan, Lutfie Natsir mengatakan bahwa melalui perpres tersebut maka secara resmi Badan Karantina Pertanian dan Karantina Ikan menjadi satu instansi baru yang Bernama Badan Karantina Indonesia.

Baca Juga : Karantina Makassar Tingkatkan Pemahaman Awareness Pengguna Jasa Melalui Kegiatan Bimtek

“Kepala Badan Karantina Indonesia telah menetapkan SOTK Badan Karantina Indonesia. Dimana untuk Sulawesi Selatan akan terdapat 4 Satuan Pelayanan (Satpel) yang mencakup beberapa wilayah di Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, hari ini kami mensosialisasikan hal tersebut dengan instansi yang tergabung dalam entitas Pelabuhan Makassar,” tutur Lutfie.

Menurut Lutfie, kedepan fungsi koordinasi Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulawesi Selatan akan menjadi lebih luas. Pihaknya akan berkoordinasi dengan beberapa UPT karantina di Sulawesi.

Harapannya kedepan, dengan lebih luasnya fungsi koordinasi berarti harus lebih memperketat pengawasan dan penjagaan masuk dan menyebarnya HPHK, OPTK dan HPIK.

Baca Juga : Disiapkan Jabatan Baru, Luthfie Natsir: Apa Maksud Gubernur

“Sosialisasi seperti ini tidak hanya dilakukan di entitas wilayah pelabuhan laut utama Makassar tetapi juga dengan entitas lain di lingkup Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Sulawesi Selatan serta dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” tutup Lutfie.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik07 Oktober 2024 12:27
Mantan Kades Binuang Wakafkan Dukungan untuk dr Ulfah-MHG di Pilkada Barru 2024
SULSELSATU.com, BARRU – Karakter sederhana serta dekat dengan masyarakat yang dimiliki pasangan dokter Ulfah-MHG menjadi daya tarik tersendiri s...
Adventorial07 Oktober 2024 12:00
13.200 Orang Dapatkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis BRI Peduli di Berbagai Wilayah Indonesia
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pelayanan kesehatan yang baik merupakan hak dasar setiap orang dan berkontribusi terhadap kualitas hidup dan produktivitas...
Politik07 Oktober 2024 11:40
Program Iuran Sampah Gratis Jadi Alasan Warga Sapiria Dukung Seto-Rezki
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ratusan emak-emak kampung Sapiria sepakat mendukung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, Andi Seto Gadhista ...
Berita Utama07 Oktober 2024 11:39
Peduli, Anggota Satgas TMMD Ke-122 Kodim 1425 Jeneponto Bantu Masyarakat Panen Cabai
SULSELSATU.com,JENEPONTO, – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga memberikan dam...