Logo Sulselsatu

Ajak Wajib Pajak Sinergi Membangun Negeri, Kanwil DJP Sulselbartra Gelar Tax Gathering

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 11 Desember 2023 14:53

Kepala Kanwil DJP Sulselbartra Heri Kuswanto saat membuka Tax Gathering. Foto: Istimewa
Kepala Kanwil DJP Sulselbartra Heri Kuswanto saat membuka Tax Gathering. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Kanwil DJP Sulselbartra) menyelenggarakan Tax Gathering di Hotel Claro Makassar Jalan A.P Pettarani No.3 Kota Makassar (7/12/2023).

Kepala Kanwil DJP Sulselbartra Heri Kuswanto membuka kegiatan sekaligus memberikan sambutan dan menyampaikan paparan tentang pajak sebagai wadah sinergi membangun negeri.

“Penerimaan pajak Kanwil DJP Sulselbartra per tanggal 7 Desember 2023 telah tercapai Rp16,179 triliun. Sekitar 86,19 persen dari target penerimaan pajak Rp18,79 Triliun,” jelas Heri.

Baca Juga : Kanwil DJP Sulselbartra Dukung Pertumbuhan Ekonomi dengan Ikut Bazaar UMKM Kemenkeu Satu Sulsel

Heri menjelaskan, masih terdapat kekurangan sebesar 13,81 persen atau Rp2,61 triliun. Untuk dapat merealisasikan penerimaan pajak 100 persen dibutuhkan kerja keras dan tanggung jawab bersama antara fiskus dan wajib pajak.

Bentuk tanggung jawab bersama tersebut, menurut Heri adalah dilakukan dengan pola sinergi yang sesuai dengan kaidah integritas yaitu penerapan perilaku wajib pajak sesuai dengan treatment.

“Treatment yang dimaksud adalah, wajib pajak patuh akan diberikan pelayanan. Wajib pajak perlu di edukasi harus ada pengawasan, wajib pajak dengan indikasi tidak patuh harus dilakukan penagihan dan pemeriksaan. Lalu, terakhir adalah wajib pajak dengan indikasi tindak pidana, diberikan treatment penegakan hukum,” jelas Heri.

Baca Juga : Kanwil DJP Sulselbartra Wujudkan Generasi Muda Sadar Pajak Lewat Pajak Bertutur

Heri mengilustrasikan, pajak yang dibayarkan akan dialokasikan untuk membangun negeri. Misalnya, satu juta uang pajak akan mampu dibagi untuk transfer dana desa, pelayanan umum, ekonomi, pertahanan, ketertiban dan keamanan, perlindungan sosial, pendidikan, kesehatan, perumahan dan fasilitas umum, keagamaan, pariwisata, dan perlindungan lingkungan hidup.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...