Logo Sulselsatu

Desa Wisata Andalan Bulukumba Masuk Daftar ADWI 2023, Ini Daya Tariknya

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 19 Desember 2023 14:19

Kunjungan Kemenparekraf di Desa Wisata Andalan Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Foto: Istimewa
Kunjungan Kemenparekraf di Desa Wisata Andalan Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSARAnugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 merupakan salah satu program unggulan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Program ini salah satu lokomotif penggerak kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Indonesia pasca pandemi. Salah satu yang masuk daftar ADWI 2023 adalah Desa Wisata Andalan Kabupaten Bulukumba, Sulsel.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 adalah program yang diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing global, berkelanjutan dan Mmampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat .

Baca Juga : Potensi Agrowisata Desa Kassi Masuk Visitasi ke-51 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Tujuan program ini agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Mendorong terciptanya lapangan kerja dengan community base tourism yang dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi desa.

Selain itu, program ini dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf. Setelah sukses di 2021 dengan 1.831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3.419 desa wisata.

Baca Juga : Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 Bawa Indonesia Bangkit, Wujudkan Pariwisata Berkelas Dunia

Pada 2023 ini, peserta menjadi 4.573 desa wisata yang terjaring dari Sabang sampai Merauke.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno menjelaskan, semangat ADWI 2023 ini mengedepankan desa Wlwisata berkelas dunia Untuk menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya yakin ini merupakan program yang tepat sasaran dengan basic komunitas masyarakat yang ada di desa. Bisa beradaptasi, terus berkolaborasi dan berupaya meningkatkan inovasi dari desa wisata akan membuka lapangan kerja yang luas. Sebanyak 4,4 juta lapangan kerja dapat tercipta sampai 2024. Dan akhirnya dari desalah kita membangun indonesia,” jelas Sandiaga Uno dalam rilisnya, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga : Kemenparekraf Lakukan Uji Petik PMK3I, Tetapkan Kuliner Jadi Subsektor Ekonomi Kreatif Kota Makassar

Potensi Desa Wisata Andalan, Bulukumba, Sulsel yaitu Desa Lembanna dahulu menyatu atau bagian dusun dari Desa ARA. karena adanya pemekaran desa tahun 1993 maka desa Lembanna berdiri sendiri terpisah dari desa Ara,tentu dgn

Desa wisata Lembanna memiliki spot utama tebing Batu Tongkarayya. Nama ini diambil dari bahasa lokal kongjo ARA yang berarti reruntuhan batu yang jatuh ke laut dan tersebar disepanjang pantai ini.

Spot lain yg tak kalah menariknya adalah Pantai Mandala Ria dengan pesona airnya yang jernih serta pasir putih lembut. Belum lagi tebing mattoanging yang bertengger di atasnya. Pengunjung dapat menikmati hamparan laut teluk Bone dan Laut Banda serta Tanjung Bira yang dapat disaksikan.

Baca Juga : Persiapan Sambut Humas Indonesia dan ADWI 2023, Fatmawati Rusdi Didampingi Kadis Pariwisata Makassar Tinjau Wisata Lantebung

Ada lagi yang paling istimewa yaitu keberadaan Gua Purbakala Passea. Semuanya terhubung atau terintegrasi dengan baik, akses jalan yang dirintis oleh Pemdes dan swadaya masyarakatnya yang saat ini telah di aspal mulus dengam dua jalur berkat bantuan Pengaspalan ruas jalan Gua Passe-Batu Tongkaraa yang berasal dari dana Provinsi Sulsel.

Hal ini semakin meningkatkan daya saing Desa Lembanna sebagai tujuan utama wisatawan dan diharapkan akan menjadi Desa Wisata Andalan Sulsel.

Untuk Menuju Desa Wisata Andalan dapat ditempuh via Jalur Udara. Bandara Jakarta Soekarno Hatta (CGK) menuju Bandara Makassar Sultan Hasanuddin (UPG) 2 jam 20 menit. Lalu jalur darat menuju lokasi Desa Wisata Andalan menggunakan mobil selama 4 Jam.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik18 Oktober 2024 13:49
Dua Pengusaha Utara Selatan Siap Menangkan dr Ulfah MHG
SULSELSATU.com, BARRU – Dua pengusaha populer di wilayah Utara-Selatan Kabupaten Barru kompak mendukung pasangan nomor urut 2 dokter Ulfah-MHG d...
Lifestyle18 Oktober 2024 13:34
Mengenal Dunia Digital Pertama Kali Bersama IM3
IM3 dari Indosat Ooredoo Hutchison menjadi kartu internet pertama yang digunakan gadis bernama Sri Wahyuni....
Bisnis18 Oktober 2024 12:39
Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia
Indosat memperkenalkan solusi Internet of Things (IoT) yang dirancang khusus untuk mendukung upaya konservasi ekosistem mangrove di Indonesia....
Ekonomi18 Oktober 2024 12:36
BRI Dorong Kualitas Pendidikan di Riau Melalui Renovasi SDN 001 Sungai Pagar
SULSELSATU.com, KAMPAR – BRI menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan meluncurkan program renovasi untuk S...