Logo Sulselsatu

Pj Gubernur Sulsel Sebut PT Vale Perusahan Tambang Nikel Terbaik

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 09 Januari 2024 12:47

Bahtiar Baharuddin saat menanam pohon di Taman Kehati PT Vale. Foto: Istimewa
Bahtiar Baharuddin saat menanam pohon di Taman Kehati PT Vale. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan kerja ke PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) selama dua hari mulai Kamis-Jumat (4-5/01/2024).

Bahtiar Baharuddin mengaku terkesan dengan tata kelola pertambangan yang dilakukan PT Vale. Menurutnya, PT Vale menjadi salah satu perusahaan tambang nikel terbaik yang patut dicontoh.

Dalam kunjungannya tersebut, Mantan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri melihat proses produksi di Process Plant dan pengelolaan tambang di Departemen Mining.

Baca Juga : Transformasi Komunitas Dorong Keberlanjutan: PT Vale Indonesia Raih Subroto Award 2024

Dia juga sempat menikmati panorama Danau Matano, dilanjutkan menanam buah Dengen di Nursery. Bahtiar didampingi Wakil Presiden Direktur PT Vale, Adriansyah Chaniago, jajaran manajemen PT Vale, Forkopimda Luwu Timur, dan jajaran Pemprov Sulsel.

Bahtiar takjub melihat tata kelola pertambangan PT Vale yang terintegrasi dari aktivitas tambang hingga pasca tambang dengan hadirnya nursery yang mampu memproduksi bibit tanaman untuk kembali dimanfaatkan pada lahan bekas tambang dan kegiatan reklamasi lainnya.

Bahtiar menjelaskan, selama 55 tahun beroperasi, PT Vale berhasil mengelola industri pertambangan nikel dengan sangat baik.

Baca Juga : Patuhi Regulasi SFR, PT Vale IGP Pomalaa Terapkan Sistem Pengadaan Terpadu

“Sebuah perusahaan yang mampu bertahan dari zaman ke zaman dan mendunia. Tentu dengan komitmen 3P yaitu Planet, People, dan Profit. Jadi PT Vale tidak hanya mengejar profit tetapi juga memanusiakan manusia, sekaligus menjaga keberlangsungan alam,” jelas Bahtiar Baharuddin.

Bahtiar mengatakan, kehadiran PT Vale di Luwu Timur telah membawa kemajuan besar khususnya memberikan pendapatan asli daerah lewat industri pertambangan. Dia mengatakan, PT Vale telah membantu banyak masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup di Bumi Batara Guru.

PT Vale ini bisa menjadi contoh perusahaan di Indonesia bahkan dunia, bagaimana melakukan penambangan, sekaligus menjaga lingkungan. Ini luar biasa menjaga ekosistemnya, alamnya dijaga sedemikian rupa. Inilah mungkin menjadi salah satu perusahaan tambang terbaik yang kita miliki,” puji Bahtiar.

Baca Juga : Tertib Frekuensi, PT Vale IGP Pomalaa Raih Penghargaan Loka Monitor SFR Kendari

Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Adriansyah Chaniago menyambut hangat kedatangan Pj Gubernur Sulsel beserta jajaran. Adriansyah menyampaikan pengelolaan tambang yang berkelanjutan sejak awal berdiri telah dilakukan.

“Bahkan kami sudah lebih dulu melakukan hilirisasi, yang jadi program unggulan Pemerintah Indonesia,” ujarnya.

Adriansyah mengatakan, tolok ukur keberhasilan perusahaan tak lepas dari komitmen 3P. PT Vale juga mengukuhkan komitmen untuk menjaga keanekaragaman hayati dengan melakukan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai dengan menanam 200.000 bibit pohon Pinus dan akasia di lahan seluas 250 hektar yang ada di 13 Kabupaten di Sulsel. Rehabilitasi DAS juga dilakukan di Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga : Kepemimpinan CEO PT Vale Febriany Eddy Kembali Diakui, Masuk Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Asia

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa berkontribusi terhadap program pemerintah utamanya hilirisasi. Kami berharap kehadiran bapak bisa membawa penguatan kolaborasi kami dan juga tidak terlepas dari arahan Pemprov Sulsel bagaimana kami berkontribusi ke Sulsel, dan tentu Indonesia secara keseluruhan,” tutur Adriansyah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Oktober 2024 00:07
VIDEO: Warga Gotong Royong Hadang Maling Minimarket
SULSELSATU.com – Kejadian di Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (16/10/2024) kemarin. Pelaku menggunakan mobil merk Honda Mobilio warna hitam Nopo...
Video17 Oktober 2024 21:41
VIDEO: Polisi Tindak Mobil PickUp ‘ODOL’ di Makassar
SULSELSATU.com – Satlantas Polrestabes Makassar melanjutkan Operasi Zebra Pallawa 2024 pada Kamis (17/10) siang. Dalam operasi tersebut, sebuah ...
Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...
Video17 Oktober 2024 20:16
VIDEO: DPR RI Setujui Pemberhentian Budi Gunawan, Herindra Diangkat sebagai Kepala BIN
SULSELSATU.com – DPR RI memberikan persetujuan atas pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menyetujui Budi Gunawan diga...