Logo Sulselsatu

PJ Sekda Sambut Armada Baru Penjaga Laut Makassar KRI Marlin-877

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 07 Februari 2024 16:44

Pj Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra serah terima armada baru penjaga laut Makassar. Foto: Istimewa
Pj Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra serah terima armada baru penjaga laut Makassar. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kedatangan armada baru untuk menjaga perairan laut Makassar dan sekitarnya.

Penyambutan berlangsung di Dermaga Layang, Mako Lantamal VI Makassar, Rabu (7/2/2024). Armada baru tersebut adalah kapal patroli cepat 60 meter. Namanya, KRI Marlin-877.

KRI Marlin-877 ini ditugaskan untuk memperkuat jajaran Satuan Patroli Lantamal VI Makassar jajaran Koarmada II.

Baca Juga : Pemkot Makassar Bersama PCNU Jadikan Hari Santri Sebagai Bentuk Simpati Satu Tahun Agresi Israel ke Palestina

Firman saat penyambutan kapal tersebut mengaku bangga karena KRI Marlin 877 ini hasil karya putera-puteri Indonesia.

“Ini suatu kebanggaan bagi Kota Makassar karena bertambahnya armada baru untuk menjaga maritim kota Makassar. Lebih bangganya lagi karena ini karya anak bangsa kita sendiri,” ucap Firman.

Firman menjelaskan, kehadiran KRI Marlin 877 ini membuat kekuatan di sektor kemaritiman atau laut kota Makassar semakin bertambah aman.

Baca Juga : Piala Adipura, Pemkot Makassar Fokus Benahi TPA

Tak hanya itu, ini bentuk komitmen besar jajaran TNI AL dalam mendukung program pemerintah dalam hal kemandirian industri pertahanan, serta kebijakan strategis untuk menjaga kedaulatan negara.

Sementara, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Ivan Gatot Prijanto, S.E., M.M.M.,Tr., Opsla., menyampaikan kapal yang dikomandoi Komandan KRI Marlin-877, Mayor Laut (P) Nugroho Adyanto Wicaksono, M.Tr.Opsla, memiliki spesifikasi teknis yakni memiliki panjang 62,40 meter, lebar 8 meter, tinggi 2,3 meter, beratnya 520 Ton.

Adapun makna dari kata Marlin berasal dari bahasa yunani yang bermakna bahwa Ikan marlin memiliki moncong yang digunakan sebagai senjata mematikan bagi mangsanya. Dan dijuluki sebagai Perenang laut yang cepat.

Baca Juga : Cetak Sejarah Baru, Pemkot Makassar Raih Juara 1 Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Nasional

Ikan ini juga memiliki kemampuan meloncat ke permukaan air mencapai hingga 20 meter tingginya.

Kemajuan teknologi ini merupakan salah satu pertimbangan dalam pemilihan nama sehingga diharapkan dapat berfungsi sebagai kapal patroli dalam situasi dan kondisi apapun kedepannya.

“Harapan kita bersama dengan keberadaan dapat memperkuat Alutsista dalam menjaga wilayah kerja Lantamal VI kedepannya. Terimakasih atas dukungan dan sambutan semua pihak,” pungkas Firman.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga18 Oktober 2024 07:36
Empat Jagoan Astra Honda Siap Melaju di Final Kejurnas MRS 2024
Pada akhir pekan ini (19-20/10/2024), para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) akan turun pada putaran final ajang balap Kejuaraan Nasional, Manda...
Video18 Oktober 2024 00:07
VIDEO: Warga Gotong Royong Hadang Maling Minimarket
SULSELSATU.com – Kejadian di Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (16/10/2024) kemarin. Pelaku menggunakan mobil merk Honda Mobilio warna hitam Nopo...
Video17 Oktober 2024 21:41
VIDEO: Polisi Tindak Mobil PickUp ‘ODOL’ di Makassar
SULSELSATU.com – Satlantas Polrestabes Makassar melanjutkan Operasi Zebra Pallawa 2024 pada Kamis (17/10) siang. Dalam operasi tersebut, sebuah ...
Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...