Logo Sulselsatu

Biro Hukerma Dorong SDM Humas Kemenkumham se-Indonesia Adaptif Respon Kemajuan Teknologi

Asrul
Asrul

Selasa, 27 Februari 2024 23:12

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) ikuti kegiatan Kehumasan berjudul “What’s Up (Waktunya Humas Meet Up) 2024” yang diadakan oleh Biro Humas Hukum dan Kerjasama (Hukerma) Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkumham RI, bertempat di Hotel Double Tree Hilton Jakarta pada Selasa (27/2/2024).

Kepala Biro Hukerma Setjen Kemenkumham Hantor Situmorang dalam sambutannya mengatakan di era digital sekarang ini, perkembangan teknologi mengalami kemajuan pesat sehingga setiap kegiatan manusia saat ini bergantung pada perangkat teknologi. Akan tetapi, kemajuan ini tidak serta merta menggantikan peran kehumasan dalam melakukan tugasnya sehingga setiap insan humas dituntut untuk menumbuhkan kemampuannya.

“Kehumasan saat ini berperan dalam menjaga citra, serta membangun hubungan internal dan eksternal. Pekerjaan ini tidak mudah karena praktisi humas harus memiliki kemampuan terbaik. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) menyebut jika peran kehumasan tidak bisa diganti begitu saja hanya karena adanya kecanggihan teknologi. Oleh karenanya, setiap insan humas dituntut untuk meningkatkan kompetensinya yang mencakup nalar, intuisi, empati, emosi, dan kreativitas,” kata Hantor.

Baca Juga : Perkuat Pengendalian TBC-HIV/AIDS, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan

Lebih lanjut Hantor mengatakan jika kehadiran teknologi justru menghadirkan peluang jika dimanfaatkan dengan benar. Tidak hanya mempermudah, tetapi memberikan inovasi baru di dunia kehumasan.

“Untuk itu, praktisi humas harus siap dengan perkembangan itu sendiri. Kehumasan digital semakin canggih, cepat, dan praktis. Perkembangan teknologi melahirkan tantangan seperti media sosial yang beragam, menangani audiens secara cepat, mengantisipasi pemberitaan palsu (hoaks), dan penanganan keamanan data pribadi pada media sosial,” ujar Hantor.

Dalam kesempatan ini, Hantor ungkapkan bahwa digelarnya kegiatan ini merupakan bagian dari merespon amanat Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly pada Apel Awal Tahun 2024 sebagai resolusi Kemenkumham RI, yaitu memperkuat Sinergi yang semakin PASTI dan berAKHLAK untuk Menkumham yang berdampak.

Baca Juga : Kakanwil Taufiqurrakhman Terima Kunjungan Kapolda Sulsel, Perkuat Sinergitas untuk Keamanan

“Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh insan humas dapat meningkatkan kemampuan teknik kehumasan, serta kemampuan koordinasi dan kerjasama antara pemangku kepentingan Kemenkumham sehingga dapat meningkatkan interaksi dan membangun kinerja positif bagi Kemenkumham,” harap Hantor.

Sementara itu, Tubagus Erif Faturahman selaku Pranata Humas Ahli Madya Biro Hukerma Setjen dalam laporannya, mengatakan tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu “Unlocking the Power PR”. Tema ini mengingatkan sekaligus menyadarkan bahwa setiap insan humas memiliki kekuatan super dalam kehumasan.

Lebih lanjut Tubagus mengatakan bahwa materi yang akan dibahas selama empat hari kedepan yaitu substansi kehumasan mencakup teori, konsep, strategi, branding, penananganan krisis, penulisan berita, pembuatan konten visual, serta team building.

Baca Juga : Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media

“Kegiatan ini nantinya akan diisi oleh para narasumber yang berkompeten di bdianganya. Kegiatan ini juga diikuti oleh internal dan eksternal baik secara fisik maupun secara daring,” jelas Tubagus.

Adapun Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak dalam keterangannya mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. Liberti berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan publikasi positif yang mendukung terciptanya citra dan repurtasi positif Kemenkumham.

Dalam kesempatan ini, Liberti menugaskan Kepala Bagian PH Khomaini, Kepala Subbagian Humas RB dan TI Meydi Zulqadri dan Pranata Humas Ahli Muda Ahmad Mile untuk menghadiri kegiatan ini secara langsung. Sementara Pranata Humas Ahli Pertama Daniel Orlando hadir secara daring.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama24 Oktober 2024 19:09
Kampanye Dialogis, Paslon Nomor 4 Paparkan Program Unggulan Hingga Serukan Lawan “Paket Cabelong”
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto, nomor urut 4, Syamsuddin Karlos – Syafruddin Nurdin...
Pendidikan24 Oktober 2024 19:09
29.000 Peserta dari Pelajar dan Guru SMK Meriahkan Festival Vokasi Satu Hati
Sebanyak 26.917 pelajar dan 2.615 guru dari ratusan SMK mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) beradu kompetensi menjadi yang terbaik di bidang vokas...
Metropolitan24 Oktober 2024 18:52
Silaturahmi di Kecamatan Bontoala, Arwin Azis Tekankan Netralitas Jelang Pilkada
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) dan silaturahmi denga...
Metropolitan24 Oktober 2024 18:47
Pemkot Makassar Raih Penghargaan Pembangunan Statistik Sektoral
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berhasil meraih penghargaan atas capaian nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) tahun...