Logo Sulselsatu

Kadivmin Kanwil Kemenkumham Sulsel Pompa Semangat Jajaran UPT Wujudkan Wilayah Bebas Dari Korupsi

Asrul
Asrul

Kamis, 09 Mei 2024 23:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jelang pelaksanaan Evaluasi terhadap 15 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ligkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan yang telas dinyatakan lolos Administrasi oleh unit Eselon I masing–masing.

Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Indah Rahayuningsih terus memompa semangat para kepala UPT dan tim Pembangunan ZInya untuk terus menjaga semangat, kekompakan dan kerjasama dalam mewujukkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di UPTnya masing–masing.

“Saat ini kalian telah memasuki proses penilaian oleh TPI yang akan dilaksanakan dari tanggal 13 – 19 Mei. Untuk itu segala sesuatunya sudah harus siap sesuai dengan yang telah dituangkan dalam dokumen LKE,” ujar Indah Rahayuningsih saat memberikan pengarahan pada Kepala UPT via daring, Kamis(9/5/2024) dari ruang rapat pimpinan.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Buka Rakor Kerjasama Pemda dan Ditjen Imigrasi

Selanjutnya Indah Rahayuningsih menjelaskan bahwa Kepala UPT dan seluruh jajarannya harus mampu memberikan bukti nyata implementasi Pembangunan ZI kepada TPI baik itu melalui pemaparan, video profil dan pelaksanaan pelayanan maupun tugas sehari – hari.

“Jangan sampai saat dilakukan Observasi lapangan oleh TPI, apa yang ada pada dokumen LKE tidak dapat ditunjukkan dalam implementasinya dilapangan,” ungkap Indah mengingatkan para Kepala UPT.

Menururt Indah Rahayuningsih Pembangunan ZI harus sudah tertanam dan terimplementasi dalam pelaksanaan tugas sehari – hari. Implementasi ZI utamanya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi Masyarakat dan menghindarkan pegawai dari kegiatan – kegiatan yang terindikasi korupsi dan pungli.

Baca Juga : Perkuat Pengendalian TBC-HIV/AIDS, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan

Untuk itu, pimpinan satker harus dapat menjadi role model yang dicontoh oleh seluruh pegawainya. ”Sebagai role model, pimpinan Satker harus mampu menunjukkan integritas yang tinggi dan perilaku yang baik dalam pelaksanaan tuganya,” ungkap Indah

Terakhir Indah rahayuningsih berpesan agar seluruh layanan yang diberikan kepada Masyarakat dilaksanakan sesuai dengan SOP yang ada dan mampu menyiapkan prasarana yang mendukung dalam pemberian pelayanan public yang dimulai dari tempat parkir sampai ruang layanan.

Sebagaimana kita ketahui Pelaksanaan Reformasi Birokrasi mempunyai peranan penting dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien, serta pelayanan publik yang berkualitas. Salah satu langkah percepatan Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan adalah melalui Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan instansi pemerintah.

Baca Juga : Kakanwil Taufiqurrakhman Terima Kunjungan Kapolda Sulsel, Perkuat Sinergitas untuk Keamanan

Proses pembangunan Zona Integritas (ZI) tentunya membutuhkan perhatian yang tinggi dalam melaksanakan beberapa langkah pembangunan, yakni dalam membangun komitmen antara pimpinan dan pegawai terkait program pembangunan ZI menuju WBK/WBBM, mengetahui dan melengkapi unsur-unsur komponen pengungkit dan komponen hasil dalam pembangunan ZI, serta membuat berbagai inovasi sebagai langkah perbaikan pelayanan publik dan pencegahan korupsi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum24 Oktober 2024 23:20
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Buka Rakor Kerjasama Pemda dan Ditjen Imigrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman membu...
Politik24 Oktober 2024 22:40
PKB Takalar Optimis Menangkan Danny-Azhar di Pilgub
SULSELSATU.com, TAKALAR – Hanya jedah sehari setelah menyisir Luwu Raya selama sepekan, calon wakil gubernur Sulsel nomor 1, Azhar Arsyad kembal...
Adventorial24 Oktober 2024 21:19
BRI Perkuat Sinergi dengan Badan Kepegawaian Negara untuk Peningkatan Layanan Perbankan
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menjalin sinergi strategis dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mela...
OPD24 Oktober 2024 20:34
Profil Supratman, Dari Pegawai Kontrak Hingga Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Legislator 3 periode dari Partai NasDem Supratman resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Makassar periode 2024-2029. Supra...