Logo Sulselsatu

Memahami Asuransi Mobil All Risk sebagai Perlindungan Terbaik untuk Kendaraan

Andi
Andi

Jumat, 10 Mei 2024 18:46

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com – Asuransi mobil All Risk atau comprehensive dianggap sebagai jenis pilihan proteksi terbaik untuk kendaraan. Sebab, proteksi ini melindungi dari berbagai risiko, mulai dari kerusakan akibat tabrakan, pencurian, kebakaran, hingga kehilangan.

Sebagai perlindungan paling komprehensif, asuransi mobil comprehensive akan melindungi kendaraan Anda dari berbagai risiko. Selain kerusakan kecil seperti baret, penyok, dan lecet, proteksi ini juga menanggung kerusakan lain yang tidak disebabkan oleh kecelakaan.

Karena itu, jika kendaraan kesayangan lecet karena terserempet mobil lain hingga komponennya rusak parah, maka proteksi satu ini akan menanggungnya.

Baca Juga : BRI Group Luncurkan Produk Asuransi ‘OTO Proteksi Maksima’ Bagi Nasabah Private dan Prioritas

Meski menawarkan cakupan manfaat yang luas, biaya premi yang harus dibayarkan pun lebih mahal dibandingkan asuransi Total Loss Only (TLO). Untuk mengetahui manfaat hingga tips memiliki proteksi terbaiknya, artikel berikut akan mengupas tuntas asuransi mobil All Risk.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dengan TLO

Seperti diketahui, ada dua jenis proteksi kendaraan di Indonesia yang umum ditawarkan. Selain All Risk, ada TLO yang memberikan cakupan manfaat berbeda.

Jika asuransi mobil comprehensive memberikan perlindungan yang lebih luas, mencakup kerusakan pada kendaraan karena kecelakaan maupun sebab lainnya, seperti pencurian dan kebakaran.

Sementara itu, asuransi TLO hanya melindungi Anda dari klaim pihak ketiga terhadap kerusakan yang disebabkan pada kendaraan atau properti mereka.

Cakupan Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Sesuai namanya, asuransi mobil comprehensive memberikan perlindungan lebih luas dan menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa manfaat perlindungan dari polis asuransi mobil All Risk:

Layanan derek mobil

Saat mobil bermasalah di jalan, proteksi kendaraan satu ini akan memberikan layanan derek yang membantu mengamankan kendaraan dan mengantarnya ke bengkel terdekat.

Bantuan darurat di jalan

Ketika berada di tengah situasi darurat, seperti mogok di jalan atau kehabisan bahan bakar, asuransi mobil All Risk akan menyediakan bantuan darurat yang dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.

Memiliki mitra bengkel yang terpercaya

Saat memiliki polis asuransi mobil All Risk, maka Anda tak perlu khawatir mencari bengkel saat harus memperbaiki kendaraan. Sebab, proteksi ini telah bekerjasama dengan bengkel-bengkel terpercaya, sehingga memastikan kendaraan Anda mendapat perawatan terbaik.

Same-day repair

Bengkel mitra asuransi untuk beberapa kasus bisa memperbaiki kendaraan pada hari yang sama. Dengan begitu, membantu pemilik kendaraan untuk tidak menunggu lama.

Memberi mobil pengganti

Jika mobil mengalami kerusakan parah atau pencurian, maka proteksi All Risk bisa memberikan penggantian berupa mobil baru atau kompensasi yang sama.

Perlindungan barang-barang di mobil pribadi

Tidak hanya memberikan perlindungan untuk kerusakan kendaraan saja, tetapi asuransi mobil ini juga memproteksi barang-barang pribadi yang ada di dalamnya.

Penggantian biaya transportasi

Saat Anda melakukan perbaikan pada kendaraan, maka asuransi mobil All Risk dapat memberi penggantian biaya transportasi atau mobil pengganti sementara.

Pembaruan STNK

Proteksi comprehensive dapat membantu dalam proses perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Dengan demikian, pemilik mobil tidak perlu repot saat harus mengurus surat kepemilikan kendaraan ini.

Biaya Asuransi Mobil All Risk

Dengan beragam manfaat tersebut, penting untuk mempertimbangan biaya proteksi All Risk.

Meskipun premi asuransi mobil all risk mungkin lebih tinggi daripada TLO, namun perlindungan yang lebih luas yang diberikan dapat menjadi nilai tambah yang sepadan.

Jadi, meski harus membayar lebih mahal, Anda mendapatkan ketenangan pikiran karena perlindungan yang lebih besar.

Perluasan atau Rider Asuransi Mobil All Risk

Saat membeli asuransi mobil All Risk, Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan perluasan atau rider ke polis yang dimiliki.

Termasuk perluasan perlindungan untuk aksesori tambahan seperti audio mobil, perlindungan ban bocor, dan banyak lagi.

Hal ini bisa sangat berguna untuk memastikan bahwa kendaraan Anda mendapatkan perlindungan maksimal sesuai dengan kebutuhan.

Tips Membeli Asuransi Mobil All Risk Terbaik

Kini ada banyak proteksi online terbaik yang menawarkan asuransi mobil All Risk. Untuk mendapatkan produk terbaiknya, lakukan hal-hal berikut:

Pertimbangkan besaran harga preminya

Saat memilih asuransi mobil All Risk, Anda harus mempertimbangkan besaran harga premi yang ditawarkan.

Meski polis All Risk mungkin lebih mahal daripada TLO, namun perlindungan yang lebih luas yang diberikan bisa memberikan nilai tambah yang sepadan.

Perhatikan reputasi perusahaan asuransi yang dipilih

Reputasi perusahaan asuransi juga penting untuk dipertimbangkan. Pastikan Anda memilih perusahaan yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam menangani klaim dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabahnya.

Perhatikan syarat dan ketentuan polis

Sebelum membeli polis asuransi mobil comprehensive, penting untuk membaca dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pastikan Anda memahami dengan baik cakupan perlindungan yang diberikan serta batasan-batasan klaim yang mungkin ada.

Perhatikan kemudahan saat mengajukan klaim asuransi

Kemudahan dalam proses klaim asuransi juga menjadi faktor penting dalam memilih asuransi mobil comprehensive.

Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki prosedur klaim yang mudah dan cepat sehingga Anda tidak kesulitan ketika mengajukan klaim.

PilihaAsuransi dengan jangkauan yang luas

Selain itu, pilihlah asuransi mobil all risk yang memiliki jangkauan luas, baik dalam hal cakupan wilayah maupun jenis kerusakan yang dilindungi. Hal ini akan memberikan Anda kepastian perlindungan di berbagai kondisi dan lokasi.

Jika Anda mencari asuransi mobil All Risk terbaik untuk mengcover kendaraan, maka pertimbangkanlah membelinya di Roojai.

Selain terdaftar di OJK, dan berpengalaman sebagai insurtech populer di Thailand, harga dari polis Roojai sangat terjangkau dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bahkan bisa membeli polis kapan saja dengan mudah melalui aplikasinya yang mudah.

Jadi, jangan ragu untuk memilih Roojai sebagai mitra perlindungan kendaraan Anda!

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama23 Oktober 2024 15:07
Satgas TMMD Ke-122 di Jeneponto Lanjutkan Program Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO– Personel satuan tugas (Satgas) TMMD Ke-122 tahun 2024 Kodim 1425 Jeneponto melanjutkan kegiatan program unggulan Kasa...
Berita Utama23 Oktober 2024 15:04
Peduli Kebersihan Lingkungan Babinsa Koramil 03 Tamalatea Ajak Masyarakat Gotong Royong Pembersihan Saluran Air
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Dalam semangat kebersamaan, Babinsa Koramil 1425-03 Tamalatea Kodim 1425 Jeneponto, Sertu Tompo bersama Masyarakat, melak...
Berita Utama23 Oktober 2024 12:55
Tim Resmob Polres Jeneponto Berhasil Ungkap Kasus Jambret yang Meresahkan Masyarakat
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Resmob Satreskrim Polres Jeneponto berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan (jambret) yang meresah...
Berita Utama23 Oktober 2024 12:39
Komposisi AKD Resmi Ditetapkan, Rudianto Lallo Duduki Komisi III DPR RI
SULSELSATU.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menetapkan komposisi alat kelengkapan dewan (AKD) melalui Paripurna ke-V Masa P...