Logo Sulselsatu

230 Mahasiswa GenBI Ikut Giat Bela Negara dan Peningkatan Kemampuan Menjadi Agen Perubahan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 08 Juni 2024 16:08

Bank Indonesia menggelar Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building bagi 230 mahasiswa GenBI. Foto: Istimewa.
Bank Indonesia menggelar Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building bagi 230 mahasiswa GenBI. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 230 mahasiswa yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) ikut kegiatan ‘Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building’ pada 7 hingga 9 Juni 2024 di Mako Lantamal VI – Makassar.

Seluruh mahasiswa yang ikut berasal dari Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kegiatan ini di awali opening ceremony dan leaders talk oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) Rizki Ernadi Wimanda bersama dengan Komandan Lantamal VI – Makassar Brigadir Jendral TNI (MAR) Andi Rahmat M.

Baca Juga : Rakor Pemda dan Regulator Ekonomi Keuangan se-Sulsel Hasilkan Rekomendasi Percepatan Hilirisasi Sektor Perikanan

Leadership practice menjadi ajang silahturahmi, penguatan keorganisasian dan memperluas wawasan kebangsaan. Selain itu untuk optimalisasi kemampuan GenBI dalam berorganisasi.

Dengan ini, GenBI diharapkan agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan masyarakat, serta memperkuat pengetahuan kebanksentralan sehingga dapat menjadi garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan terkini Bank Indonesia.

Rizki menjelaskan, kegiatan ini merupakan wadah pembelajaran dan pengalaman yang berharga untuk mendorong semangat anak-anak muda agar semakin mencintai tanah air.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Siapkan Rp12,38 Miliar Uang Layak Edar untuk Lima Pulau 3T

Kiat-kiat yang diberikan untuk membentuk jiwa kepemimpinan mahasiswa yaitu melalui 4AS yaitu Kerja Keras, Kerja Tuntas, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas.

“Kami berharap GenBI dapat membentuk sikap disiplin waktu, jiwa kebersamaan dan solidaritas, mental fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme, melatih jiwa leadership, membentuk iman dan taqwa yang dianut oleh individu, serta berperilaku jujur, tegas, dan adil,” ujar Rizki.

Sementara itu, Danlantamal VI-Makassar berharap, peserta yang mengikuti pelatihan ini, GenBI tetap termotivasi untuk berusaha keras dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Bank Indonesia Sulsel Sasar Lima Pulau 3T Kepulauan Selayar

Brigadir Jendral TNI Andi Rahmat menekankan pentingnya sikap pantang menyerah, kerja keras, dan bersyukur dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

”Keberhasilan dan kesuksesan kegiatan ini tidak akan tercapai tanpa didasari oleh kedisiplinan dan loyalitas yang tinggi. Karena itu adik-adik GenBI, jangan gampang menyerah dan terus bersyukur.”ujarnya

Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM dan pengembangan soft skill para penerima Beasiswa Bank Indonesia, serta mencapai tujuan utama GenBI yaitu sebagai change agents, future leaders, dan frontliners komunikasi kebijakan Bank Indonesia.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...