Logo Sulselsatu

Minimalisir Dampak Kecelakaan Kerja, Pelindo Regional 4 Gelar In House Training Petugas P3K

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 10 Juni 2024 12:53

In house training petugas P3K Pelindo Regional 4. Foto: Istimewa.
In house training petugas P3K Pelindo Regional 4. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menggelar In House Training Petugas Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) ‘Sertifikasi Kementerian Tenaga Kerja & Transmigrasi RI’ Batch 1 di Ruang Rapat AKHLAK Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4 Makassar, Senin (10/6/2024).

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan perlindungan bagi pekerja yang mengalami kecelakaan.

“Maka perlu dilakukan pertolongan pertama secara cepat dan tepat, sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi RI No. PER15/MEN/VIII/2008 tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di tempat kerja,” kata Abdul Azis.

Baca Juga : Delegasi Misi Bisnis Spanyol Kunjungi Pelabuhan Balikpapan dan KKT, Jajaki Peluang Investasi

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan yang digelar selama 4 hari ini (Senin hingga Kamis (10 – 13 Juni 2024), untuk memberikan pengetahuan, pemahaman mengenai pelaksanaan P3K di lingkungan tempat kerja.

Seluruh peserta yang merupakan petugas P3K diharap mampu meningkatkan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan kerja.

“Dengan adanya pelatihan P3K ini, kami berharap seluruh peserta bisa mengetahui pengetahuan dasar mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan, berupa penanganan awal pada korban sebelum ditangani oleh tenaga medis sehingga dapat meminimalisir tingkat keparahan yang dialami oleh korban,” kata Abdul Azis.

Baca Juga : Kehadiran MNP Tingkatkan Infrastruktur Pelabuhan di Indonesia

Kegiatan pelatihan P3K tahun ini akan dilaksanakan dalam 2 batch karena jumlah peserta yang cukup banyak dari Pelindo Group di wilayah Regional 4. Sebanyak 31 orang yang berasal dari subholding dan anak perusahan yang berada di wilayah kerja Regional 4.

Banyaknya peserta ini mengindikasikan bahwa saat ini Manajemen Pelindo Group sangat konsen dalam memperhatikan aspek K3 di tempat kerja.

Mulai dari aspek preventif (safety campaign) sampai dengan tindakan kuratif dan rehabilitasi terhadap korban kecelakaan kerja dan Penyakit Akibat Kerja.

Baca Juga : Tiga Tahun Merger, Pelindo Sukses Catat Kinerja Positif

“Saya sangat berharap agar seluruh peserta pelatihan P3K ini fokus dalam pelatihan selama 4 hari ke depan, sehingga nantinya tidak hanya selembar kertas sertifikasi yang didapat namun yang paling utama adalah ilmu dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan bagi korban,” tukas Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik17 Oktober 2024 10:47
Kabar Baik Bagi Petani, dr Ulfa-MHG Siapkan Asuransi Gagal Panen dan Jamin Kesediaan Benih Pupuk
SULSELSATU.com, BARRU – Sektor pertanian turut mendapat perhatian khusus dari pasangan dokter Ulfah-MHG. Olehnya itu, calon wakil bupati dan wak...
Politik17 Oktober 2024 08:42
Ingin Perubahan, Masyarakat Tamarunang Tumpah Ruah Sambut Amir Uskara
SULSELSATU.com, GOWA – Calon Bupati Gowa nomor urut 1, Amir Uskara, mendapatkan sambutan meriah dari ribuan masyarakat di BTN Griya Asri Sakinah dan...
Video16 Oktober 2024 23:49
VIDEO: Presiden Ungkap Alasan Pemberhentian Kepala BIN, Jokowi: Atas Permintaan Pak Prabowo
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Jokowi mengatakan pem...
Adventorial16 Oktober 2024 22:37
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Jajarannya Terapkan Nilai PASTI dan BerAKHLAK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, mengadakan arahan kepada seluruh j...