Fraksi Nasdem Sebut Pemkot Makassar Gagal Kelola Keuangan Daerah

Fraksi Nasdem Sebut Pemkot Makassar Gagal Kelola Keuangan Daerah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fraksi Partai Nasdem menganggap Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar gagal mengiptimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Target PAD menuju 2 triliun tidak tercapai dan jauh dari harapan,” sebut Ari Ashari Ilham saat menyampaikan padangan umum fraksi Nasdem, dalam rapat Paripurna, Jumat (21/6/2024).

Ari juga menyebutkan jika pihak yang paling bertanggungjawab adalah Bapenda, hal ini dikarenakan Bapenda tidak mampu mengoptimalkan potensi PAD tahun 2023.

Hal ini mengindikasikan kegagalan managemen pengelolaan PAD yang mengarah kegagalan Pemerintah Kota Makassar.

“Retribusi Daerah hanya terealisasi 33,56% dari target, dari tahun ke tahun retribusi daerah tidak pernah memenuhi target,” ucap Ari Ashari.

Selain itu, Ari Ashari menjelaskan jika penarikan retribusi kepada masyarakat dinilai tidak maksimal. Hal ini dikarenakan banyaknya kebocoran pengelolaan PAD.

“ini terjadi akibat belum menggunakan sistem ‘lesscash’ atau tidak menggunakan Teknologi Informasi (IT) yang baik, Aparat kita masih menggunakan cara-cara lama manual yg rentan dengan kebocoran,” ucap Ari Ashari.

Fraksi Nasdem menganggap pelayanan aparat yang tidak memberikan pelayanan secara maksimal sehingga banyak masyaralat yang tidak melakukan pembayaran retribusi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga