Logo Sulselsatu

Bukan Yasir, Andi Asman dan Islamuddin Lawan Kuat Rio Padjalangi di Bone

Asrul
Asrul

Selasa, 25 Juni 2024 20:06

Direktur IPI Suwadi Idris Amir. Ist
Direktur IPI Suwadi Idris Amir. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Tanam Pangan Kabupaten Bone, Sulsel, Andi Asman Sulaiman disebut sebagai salah satu figur yang memiliki kemampuan untuk bersaing maju Pilkada Bone 2024.

Penilaian itu datang dari tokoh adat Bone, Andi Bau Usdi Mappanyukki. Dia menyebut Asman sebagai figur pendatang baru yang punya kompetensi dan ketokohan memimpin Bumi Arung Palakka.

“Andi Asman Sulaiman telah berjasa membangun dunia pertanian dan dia kuat secara politik, karena adik menteri pertanian,” ujar Andi Bau Usdi Mappanyukki dalam keterangan tertulis, Senin (25/6/2024).

Baca Juga : Prof Zudan Lantik Kadis Kominfo Sulsel Andi Winarno Jabat Pj Bupati Bone

Selain Andi Asman, cucu Raja Bone Andi Mappanyuki itu juga menilai Penjabat Bupati Bone Andi Islamuddin sebagai figur potensial untuk maju Pilkada 2024.

Islamuddin dianggap memiliki ketokohan serta jaringan keluarga yang besar di Bone. Modal sosial tersebut dianggap cukup untuk bertarung sebagai bacalon Bupati Bone.

Senada dengan Andi Bau Usdi, Direktur Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir menilai analisis tersebut sangat rasional.

Baca Juga : Prof Ismail Suardi Harap Andi Islamuddin Bisa Mentransformasikan Pendidikan di Bone Jadi Lebih Maju

Dari segi tingkat keterpilihan, Suwadi menyebut, Andi Asman berada di urutan kedua setelah legislator Partai Golkar Andi Rio Padjalangi.

“Sedangkan Andi Islamuddin berada di urutan ke empat tertinggi elektabilitasnya. Artinya secara data ilmiah, Andi Asman dan Andi Islamuddin adalah pesaing kuat Andi Rio di Pilkada Bone 2024,” jelas Suwadi.

Menurut Suwadi Idris, Andi Asman akan semakin kuat jika mampu mengonsolidasikan kekuatannya. Dengan begitu, Ia punya potensi besar mengunci kemenangan.

Baca Juga : NasDem Jagokan Asman-Akmal di Pilkada Bone

“Sedangkan Andi Rio pun kuat jika menggabungkan kekuatan dengan dengan kubu Andi Islamuddin. Yang artinya, kubu Andi Islamuddin kuat jika koalisi salah satu dari figur Andi Asman atau Andi Rio,” tutup Suwadi.

Untuk diketahui, nama politisi Gerindra Yasir Mahmud juga digadang-gadang maju sebagai Cabup Bone, anggota DPRD Sulsel terpilih itu bahkan telah mendaftar ke sejumlah partai.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video17 Oktober 2024 20:16
VIDEO: DPR RI Setujui Pemberhentian Budi Gunawan, Herindra Diangkat sebagai Kepala BIN
SULSELSATU.com – DPR RI memberikan persetujuan atas pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menyetujui Budi Gunawan diga...
Ekonomi17 Oktober 2024 20:15
BRI dan IPB University Resmikan Balai Rakyat Indonesia: Dorong Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan
SULSELSATU.com, BOGOR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melanjutkan komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat dengan meresmikan Balai Rakyat ...
Politik17 Oktober 2024 19:32
Legislator Makassar Andi Tenri Uji Dampingi Indira Kampanye di Mariso
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3, Indira Yusuf Ismail, menggelar kampanye di Kecamatan Mariso pada Kamis (17/10/...
Hukum17 Oktober 2024 19:06
Staf Khusus Menkumham Dorong Peningkatan Layanan Publik di Sulawesi Selatan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Staf Khusus Bidang Keamanan, Ketertiban, dan Intelijen, Adam Muhammad Gazali, memberikan dorongan bagi jajaran Kantor Wil...