Bukan Yasir, Andi Asman dan Islamuddin Lawan Kuat Rio Padjalangi di Bone

Bukan Yasir, Andi Asman dan Islamuddin Lawan Kuat Rio Padjalangi di Bone

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Tanam Pangan Kabupaten Bone, Sulsel, Andi Asman Sulaiman disebut sebagai salah satu figur yang memiliki kemampuan untuk bersaing maju Pilkada Bone 2024.

Penilaian itu datang dari tokoh adat Bone, Andi Bau Usdi Mappanyukki. Dia menyebut Asman sebagai figur pendatang baru yang punya kompetensi dan ketokohan memimpin Bumi Arung Palakka.

“Andi Asman Sulaiman telah berjasa membangun dunia pertanian dan dia kuat secara politik, karena adik menteri pertanian,” ujar Andi Bau Usdi Mappanyukki dalam keterangan tertulis, Senin (25/6/2024).

Selain Andi Asman, cucu Raja Bone Andi Mappanyuki itu juga menilai Penjabat Bupati Bone Andi Islamuddin sebagai figur potensial untuk maju Pilkada 2024.

Islamuddin dianggap memiliki ketokohan serta jaringan keluarga yang besar di Bone. Modal sosial tersebut dianggap cukup untuk bertarung sebagai bacalon Bupati Bone.

Senada dengan Andi Bau Usdi, Direktur Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir menilai analisis tersebut sangat rasional.

Dari segi tingkat keterpilihan, Suwadi menyebut, Andi Asman berada di urutan kedua setelah legislator Partai Golkar Andi Rio Padjalangi.

“Sedangkan Andi Islamuddin berada di urutan ke empat tertinggi elektabilitasnya. Artinya secara data ilmiah, Andi Asman dan Andi Islamuddin adalah pesaing kuat Andi Rio di Pilkada Bone 2024,” jelas Suwadi.

Menurut Suwadi Idris, Andi Asman akan semakin kuat jika mampu mengonsolidasikan kekuatannya. Dengan begitu, Ia punya potensi besar mengunci kemenangan.

“Sedangkan Andi Rio pun kuat jika menggabungkan kekuatan dengan dengan kubu Andi Islamuddin. Yang artinya, kubu Andi Islamuddin kuat jika koalisi salah satu dari figur Andi Asman atau Andi Rio,” tutup Suwadi.

Untuk diketahui, nama politisi Gerindra Yasir Mahmud juga digadang-gadang maju sebagai Cabup Bone, anggota DPRD Sulsel terpilih itu bahkan telah mendaftar ke sejumlah partai.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga