Logo Sulselsatu

Pj Gubernur Sulsel Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Asrul
Asrul

Kamis, 27 Juni 2024 12:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku, di Ballroom Phinisi, Hotel Claro Makassar, Rabu (26/6/2024).

Ketua Penyelenggara, Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam, Mayjen TNI Heri Wiranto, mengatakan, kegiatan ini adalah kedua kalinya dilaksanakan setelah wilayah Papua untuk enam provinsi. Kegiatan dilaksanakan secara hibrid dengan jumlah peserta 1.420 orang. Hadir gubernur, bupati, wali kota serta penyelenggara Pemilu.

Adapun Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan apresiasinya kepada kepada pemerintah pusat atas pelaksanaan kegiatan ini di Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Perkuat Pengendalian TBC-HIV/AIDS, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan

“Atas nama Pemerintah Sulawesi Selatan dan masyarakat Sulawesi Selatan menghaturkan terima kasih kepada Bapak Menkopolhulkam dan Bapak Mendagri yang menyelenggarakan acara ini di Provinsi Sulawesi Selatan. Tentu ini sangat bermanfaat untuk masyarakat kami, termasuk untuk menggerakkan ekonomi,” kata Prof Zudan.

“Selamat datang di Makassar, enjoy Makassar dan pesan Pak Wali Kota silahkan hadir kembali akhir Juli, ada Festival F8 yang berskala internasional,” tambahnya.

Dia sekaligus melaporkan bahwa bersama Forkopimda berusaha agar Pilkada berlangsung dengan damai dan sukses di 24 kabupaten dan kota, serta di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Kakanwil Taufiqurrakhman Terima Kunjungan Kapolda Sulsel, Perkuat Sinergitas untuk Keamanan

“Kami terus menjaga Kamtibmas bersama bupati dan wali kota serta KPU dan Bawaslu. Kami mendorong Coklit (pencocokan dan penelitian) secara berkelanjutan,” sebutnya.

Serta, mensupervisi untuk penyiapan NPHD, dana Pilkada ini telah 40 persen diserahkan dan sisanya sedang berproses.

Menko Polhulkam sebagai keynote speaker menyampaikan lima arahan. Pertama, yakni bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan yang kondusif dan terkendali.

Baca Juga : Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media

Kedua, mengingkatkan koordinasi antara kementerian dan lembaga guna menyukseskan penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku. Ketiga, perlu optimalisasi dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkada serentak agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan.

Keempat, seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di masyarakat. Kelima, meningkatkan pendidikan politik untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif dan berkualitas.

“Saya berharap para peserta rapat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, saling bertukar informasi terkait berbagai permasalahan yang dihadapi serta menerapkan solusi penyelesaian. Sehingga rapat koordinasi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dalam mempersiapkan Pilkada Serentak tahun 2024,” ujarnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama24 Oktober 2024 19:09
Kampanye Dialogis, Paslon Nomor 4 Paparkan Program Unggulan Hingga Serukan Lawan “Paket Cabelong”
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto, nomor urut 4, Syamsuddin Karlos – Syafruddin Nurdin...
Pendidikan24 Oktober 2024 19:09
29.000 Peserta dari Pelajar dan Guru SMK Meriahkan Festival Vokasi Satu Hati
Sebanyak 26.917 pelajar dan 2.615 guru dari ratusan SMK mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) beradu kompetensi menjadi yang terbaik di bidang vokas...
Metropolitan24 Oktober 2024 18:52
Silaturahmi di Kecamatan Bontoala, Arwin Azis Tekankan Netralitas Jelang Pilkada
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) dan silaturahmi denga...
Metropolitan24 Oktober 2024 18:47
Pemkot Makassar Raih Penghargaan Pembangunan Statistik Sektoral
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berhasil meraih penghargaan atas capaian nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) tahun...