Logo Sulselsatu

2025 Damtor Siap Beroperasi Diseluruh Kecamatan Makassar

Asrul
Asrul

Minggu, 30 Juni 2024 17:20

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Hasanuddin.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Hasanuddin.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Hasanuddin akan melengkapkan pemadam kebakaran motor (Damtor) untuk seluruh Kecamatan di Kota Makassar pada tahun 2025 mendatang.

“2024 dengan pertimbangan keuangan kita tidak menganggarkan tahun ini. InsyaAllah tahun 2025 kita akan rampungkan ke 153 kelurahan,” ujar Hasanuddin.

Hasanuddin menjelaskan jika saat ini sebanyak 103 Kecamatan di Kota Makassar telah memiliki Damtor, sehingga yang perlu ditambahkan yaitu 50 unit.

Baca Juga : Damkar Makassar Siapkan 14 Armada Siaga 24 Jam Amankan Logistik Pemilu

Meski begitu, dirinya belum bisa menyampaikan berapa alokasi anggaran untuk menyiapkan 50 unit Damtor.

“Kalau dengan tersisa 50 unit kita belum tahu pasti karena tergantinya tahun ke tahun berfluktuasi harganya, tinggal kita sesuaikan pada saat pemasukan anggaran 2025,” paparnya.

Dimana, setiap unit dilengkapi mesin pompa, selang (nozel) sirine, dengan kapasitas penampungan air 800 liter. Dikoneksikan dengan instalasi Pemadam Kebakaran Lorong atau Peka Rong dengan jangkauan distribusi air hingga 200 meter guna memudahkan penanganan saat terjadi kebakaran di lorong-lorong sempit.

Baca Juga : Damkar Makassar Tunjukkan Dukungan untuk Palestina dengan Water Dance di Malam Pergantian Tahun

“Saya kira efektif, pada saat pemandaman mereka duluan turun termasuk juga disaat kebutuhan lainnya warga seperti distribusi air bersih saat kekeringan termasuk juga kebutuhan lain warga,” jelasnya.

“Damtor juga bisa di fungsikan warga Makassar sebagai pembersihan drenase atau saluran tersumbat, dan siram bunga, tinggal kordinasi dengan Kecamatan,” pungkas Hasanuddin.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum24 Oktober 2024 17:22
Mulia Resmi Laporkan 2 Oknum Penyebar Video Black Campaign ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim hukum Pasangan Calon nomor urut 1 Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Mulia) resmi melaporkan 2 orang oknum y...
Politik24 Oktober 2024 17:17
Kunjungi Dua Lokasi, dr Ulfah-MHG Komitmen Wujudkan Layanan Seragam Sekolah dan BPJS Gratis
SULSELSATU.com, BARRU – Program bantuan yang ditawarkan pasangan calon dokter Ulfah-MHG menjadi daya tarik dalam perhelatan kontestasi Pilkada 2...
Sulsel24 Oktober 2024 17:17
DPRD Luwu Timur Gelar Reses Perseorangan untuk Jaring Aspirasi Masyarakat
SULSELSATU.com – Sekretariat DPRD Kabupaten Luwu Timur mengumumkan rencana pelaksanaan reses perseorangan yang akan digelar oleh pimpinan dan anggot...
Adventorial24 Oktober 2024 17:06
Perkuat Pengendalian TBC-HIV/AIDS, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, m...