Dekatkan Calon ke Masyarakat, KPU Sulsel Rancang Debat Kandidat Digelar di Daerah Masing-masing

Dekatkan Calon ke Masyarakat, KPU Sulsel Rancang Debat Kandidat Digelar di Daerah Masing-masing

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal menggelar debat untuk calon gubernur, bupati dan wali kota Pilkada Serentak 2024 di daerah masing-masing.

Anggota KPU Sulsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hasruddin Husain, mengatakan pihaknya sedang merancang teknis debat Pilkada 2024 dengan pendekatan kedaerahan.

“Debat itu nantinya kita kembalikan ke daerah masing-masing. KPU 24 kabupaten kota ini harus menggelar debat di daerah masing-masing,” ujar Hasruddin usai diskusi Cafe Demokrasi KPU Sulsel di Makassar, Senin (8/7/2024).

Hasruddin Husain menjelaskan, debat pilkada di daerah bertujuan untuk memaksimalkan penyebaran informasi, sekaligus menghidupkan perekonomian khususnya media massa lokal.

Apalagi debat calon kepala daerah merupakan salah satu tahapan penting dalam masa kampanye Pilkada 2024.

“Kita ingin isu-isu strategis yang disampaikan kandidat dalam debat ini benar-benar tersampaikan kepada masyarakat,” tutur Hasruddin yang juga mantan Ketua KPU Kota Parepare.

Soal teknis pelaksanaan debat Pilkada 24 kabupaten kota di Sulsel, Hasruddin menyebut hal ini akan dikoordinasikan bersama pihak keamanan dan juga pemerintah daerah.

Menurut Hasruddin, selama ini debat pilkada terpusat di Jakarta maupun di ibu kota provinsi. KPU Sulsel menginginkan sesuatu yang baru dan berbeda. Ia yakin KPU kabupaten kota mampu menggelar debat di daerah masing-masing.

“Tidak ada lagi debatnya dibawa ke Makassar dengan pertimbangan fasilitas tidak memadai, entah gedung-gedungnya tua,” katanya.

Sementara itu untuk debat calon gubernur dan wakil gubernur 2024, KPU Sulsel merancang tahapan ini digelar pada 3 daerah yang dianggap representatif. Daerah tersebut adalah Kabupaten Bulukumba, Kota Parepare dan Kota Palopo.

“Dengan representasi tiga daerah ini, kita berharap mampu menjawab informasi tentang isi debat yang selama ini dipusatkan di Jakarta,” tutup Hasruddin Husain.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga