Fraksi Gerindra DPRD Luwu Timur Harapkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023 Jadi Catatan Penting

Fraksi Gerindra DPRD Luwu Timur Harapkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023 Jadi Catatan Penting

SULSELSATU..com, Luwu Timur – Fraksi Gerindra berharap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2023 dapat menjadi catatan penting bagi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menjalankan roda pemerintahan yang baik.

Fraksi Gerindra, setelah membaca dan mencermati deskripsi materi pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2023, menilai bahwa pendapatan dan realisasi APBD tahun anggaran 2023 mencapai hasil yang tinggi. Demikian disampaikan oleh juru bicara Gerindra, Sarkawi A Hamid, saat membacakan pandangan fraksinya dalam Sidang Paripurna DPRD Luwu Timur pada Senin (08/07/2024).

Menurut Sarkawi, meski capaian APBD cukup tinggi, terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki untuk kemajuan Luwu Timur ke depan. Berikut catatan khusus Fraksi Partai Gerindra terkait laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023:

1. Pemanfaatan Infrastruktur: Setelah melakukan berbagai monitoring dan evaluasi, ditemukan bahwa beberapa bangunan infrastruktur seperti pasar dan terminal masih belum difungsikan dengan baik.

2. Perhatian Terhadap Alat Pertanian: Pemerintah daerah perlu lebih memperhatikan alat pertanian yang menjadi tulang punggung para petani, khususnya alat mesin tanam, mesin panen, dan terutama pupuk. Ini menjadi keluhan utama para petani di Luwu Timur.

3. Perencanaan dan Pengawasan Pekerjaan Fisik: Permasalahan dalam pekerjaan fisik hampir sama setiap tahunnya, yaitu kurangnya kecermatan dalam perencanaan dan pengawasan pekerjaan. Pendekatan program sering dilakukan tanpa analisa yang cermat.

4. Optimalisasi Pendapatan Daerah: Fraksi Gerindra terus mendorong pemerintah daerah untuk memaksimalkan intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah. Saat ini, Luwu Timur memiliki total aset Rp. 3,544 triliun lebih, dan total ekuitas dana Rp. 3,491 triliun per 31 Desember 2023. Diharapkan capaian keberhasilan ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Luwu Timur.

Sarkawi menyambut positif Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2023 dengan beberapa harapan yang menjadi catatan penting untuk kepala daerah dalam menjalankan pemerintahan daerah. Ia berharap, aspek-aspek tersebut dapat diperhatikan dengan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga