Batas Waktu Sisa Satu Hari Lagi, 60 Persen Anggaran Pilkada Belum Cair

Batas Waktu Sisa Satu Hari Lagi, 60 Persen Anggaran Pilkada Belum Cair

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel untuk penyelenggara Komisi Pemilhan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel belum sepenuhnya cair.

Sementara batas waktu pencairan tersisa satu hari lagi, tepatnya sampai 10 Juli (besok).

Hingga saat ini, anggaran Pilgub yang cair baru 40 persen. Artinya, masih ada 60 persen yang belum juga cair.

Kabid Akuntansi dan Keuangan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, Sakura menyampaikan, sebagai badan yang bertanggung jawab atas alur keuangan pemerintah, pihaknya sudah siap melakukan pembayaran sisa dana pilkada untuk segera dilakukan transfer kepada KPU dan Bawaslu.

Ia menegaskan, Pemprov Sulsel sudah siap untuk segera melakukan transfer dana tersebut, hanya saja kata dia, pihaknya masih menunggu berkas dari pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel.

Bahkan kata dia, Pemprov Sulsel tidak mempermasalahkan soal anggaran yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan publik. “Kalau dana kami siap,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pihaknya hanya berkewajiban untuk melakukan transfer jika segala persyaratan dan ketentuan sudah dipenuhi oleh organisasi perangkat daerah terkait. “Kami menunggu permohonan pencairan dari pihak Kesbangpol Sulsel,” kuncinya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Sulsel, Ansyar mengatakan meski tersisa beberapa hari lagi tanggal akhir transfer dana pilkada tersebut, Ia mengklaim Pemprov Sulsel tidak memiliki kendala untuk pelaksanaannya. “Insya Allah tidak ada hambatan,” bebernya.

Terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh menuturkan, terkait dengan transfer 60 persen dana pilkada Pemprov Sulsel kepada KPU dan Bawaslu semuanya dalam proses.

“Untuk transfer dana Pilkada sementara proses,” jelasnya.

Kata dia, Pemprov Sulsel optimis bisa menyelesaikan dana Pilkada tersebut sebelum tanggal yang ditentukan oleh Mendagri Tito. “Insya Allah kami akan segera penuhi sesuai jumlah dalam NPHD,” kuncinya.

Untuk Informasi, Pemprov Sulsel masih akan melakukan transfer 60 persen dana pilkada dari APBD 2024 ke KPU Sulsel  sekira Rp 232 miliar dan Bawaslu Sulsel sekira Rp 104 miliar. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Baca Juga