Beautiful Malino Dorong Investor Lirik Kabupaten Gowa, Investasi Pariwisata Capai Rp400 Miliar

Beautiful Malino Dorong Investor Lirik Kabupaten Gowa, Investasi Pariwisata Capai Rp400 Miliar

SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 dengan tema ‘Harmony of Malino’ kembali digelar pada 12-14 Juli 2024. Beautiful Malino pada 2024 ini adalah perayaan kelima kalinya.

Beautiful Malino 2024 dibuka langsung oleh Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi yang didampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Abdul Rauf Malaganni di Hutan Pinus Malino, Kecamatan Tingimoncong, Jum’at (12/7/2024).

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, sejak Beautiful Malino dilaksanakan pada 2017 hingga saat ini, berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan di Gowa yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Alhamdulillah sejak event ini terlaksana terjadi kenaikan kunjungan wisatawan dan pasti berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi yang ada. Pertumbuhan ekonomi semakin meningkat maka lapangan pekerjaan akan terbuka luas dan akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang ada di wilayah Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Adnan menyebut, sejalan dengan pelaksanaan event tahunan tersebut juga semakin meningkatnya investor bidang pariwisata di Malino.

Terbukti, pada 2024 ini sebanyak total Rp8,1 triliur yang telah berinvestasi di Kabupaten Gowa. Dan, Rp 400 miliar di antaranya merupakan investasi di bidang pariwisata.

“Minat investor untuk berinvestasi di bidang pariwisata semakin membaik karena hadirnya event Bautiful Malino ini,” jelas Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Jumlah kunjungan pada 2017 sebanyak 19.427 orang, 2018 sebanyak 23.775 orang, 2019 sebanyak 24.010, dan 2023 tercapai hingga 60.275 orang dengan target 26.000 orang.

“Diharapkan kita terus memiliki komitmen untuk bisa melanjutkan event Beautiful Malino ini karena seluruh masyarakat sangat merepon baik dan terbukti dengan kunjjngan yang semakin banyak setiap tahunnya dan perputaran uang yang juga sangat meningkat,” harapnya.

Sementara Pj. Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh sangat mengapresiasi pelaksanaan event tahunan Pemerintah Kabupaten Gowa ini.

“Ini adalah event yang sangat bagus, kami dari provinsi mendukung penuh sehingga semoga tahun depan terus kita lanjutkan dan tambah ramai lagi bahkan mampu membuat masyarakat bergerak bersama untuk mengembangkan pariwisata di tingkat lokal Gowa hingga regional se-Sulsel yang diharapkan terus masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwosata dan Ekonomi Kreatif RI,” harapnya.

Turut hadir Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania, Forkopimda Kabupaten Gowa, Perwakilan Forkopimda Sulsel dan ribuan masyarakat yang memadati Hutan Pinus Malino.

Beautiful Malino 2024 ini berlangsung hingga Minggu 14 Juli mendatang, dengan berbagai kegiatan yaitu Music & Art Fest, Culinary Showcase & Bazaar, Fashion Carnaval, Lari Lintas Alam, Malino Trail Adventure, Summer Camp, dan Mountain Bike & Challenge.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga