Logo Sulselsatu

Pasien Meninggal Akibat Tidak Dapat Pelayanan, Bupati Adnan Sidak Pelayanan RSUD Syekh Yusuf

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 15 Juli 2024 18:21

 Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat sidak RSUD Syekh Yusuf. Foto: Istimewa.
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat sidak RSUD Syekh Yusuf. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Senin (15/7/2024).

Bupati Adnan didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Gowa Zubair Usman dan Irban Inspektorat Kabupaten Gowa Anwar Asru.

Ia mengatakan, sidak tersebut dilakukan untuk melakukan penelusuran terkait pemberitaan yang beredar yakni adanya pasien yang meninggal karena tidak diberikan perawatan oleh pihak rumah sakit.

Baca Juga : Bupati Gowa dan Istri Fashion Show di Hari Jadi Sulsel Ke-355 Tahun

“Hari ini saya datang sidak ke rumah sakit setelah event Beautiful Malino, kami melihat pemberitaan di media terkait adanya pasien yang meninggal karena katanya tidak diberikan perawatan, sehingga saya langsung memanggil seluruh manajemen rumah sakit yang ada didampingi oleh BKPSDM dan Inspektorat,” ungkapnya.

Adnan menyampaikan, setelah ditelusuri dari pihak RSUD, terjadi mis dengan pihak pengrujuk dari Puskesmas dimana dari awal RSUD telah menyebut tidak adanya kamar yang tersedia sehingga meminta di rujuk ke rumah sakit lain.

“Kami juga melakukan pengecekan sistem dari Puskesmas ke rumah sakit, karena sebenarnya waktu pasien akan dikirim dari Puskesmas, disini sudah mengatakan bahwa kondisi rumah sakit lagi penuh dan tidak ada kamar maupun icu yang tersedia, maka dibalaslah melalui sistem itu agar diminta rujuk ke rumah sakit lain, tetapi tetap kesini dan saat sampai tingkat kesadaran sudah gcs 3 atau sangat rendah. Nah inilah yang kami minta Inspektorat agar memanggil pihak Puskesmas, manajemen rumah sakit agar siang ini dilakukan pemeriksaan, dimana yang terjadi mis dan pasti diberikan sanksi,” tegas Adnan.

Baca Juga : Adnan Minta Pengurus YJI Gowa Rutin Lakukan Edukasi Kesehatan Jantung ke Masyarakat

Sementara, Direktur Utama RSUD Syekh Yusuf Rahmawati mengatakan RSUD memang memiliki sistem rujukan, dimana ketika adanya permintaan, pihaknya telah menjawab agar bisa dialihkan karena katerbatasan kamar.

“Jadi pada saat dia dirujuk kami ada sistem, disistem itu kami sudah jawab langsung dijawab untuk bisa dialihkan ke Puskesmas.Tapi nanti kita pertemukan antara pihak Puskesmas dan rumah sakit agar mengetahui kronologisnya bagaimana supaya tidak terjadi miskomunikasi antara kami,” jelasnya.

Olehnya dirinya mengaku akan terus melakukan evaluasi khususnya terkait pelayanan agar kejadian serupa tidak kembali terulang di RSUD Syekh Yusuf.

Baca Juga : Pemkab Gowa Hadirkan Rumah Dilan Dorong Pendidikan dan Keterampilan Perempuan, Ada di 18 Kecamatan

“Kami pasti evaluasi dan meningkatkan pelayanan supaya tidak ada lagi kejadian seperti ini,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang pasien disebut meninggal dalam mobil ambulans di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Syekh Yusuf Gowa, beberapa waktu lalu, pasien tersebut diduga lambat mendapat penanganan hingga meninggal dunia.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik23 Oktober 2024 19:22
Elektabilitas SAR-Kanaah Makin Tak Terkejar, Survei JSI Tembus Angka 73,6%
SULSELSATU.com, JAKARTA – Lembaga survei nasional, yakni Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil survei terbarunya untuk Pilkada Kabupaten ...
Bisnis23 Oktober 2024 18:50
Telkom Peroleh Penghargaan Internasional di Ajang GSMA M360 Digital Nations Awards 2024
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan BUMN penggerak transformasi digital yang berkelanjutan, kembali memperoleh pengakuan ber...
Politik23 Oktober 2024 18:35
Basri Sidehabi Yakin Appi Punya Kapasitas Memimpin Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut 1, Munafri Arifuddin menyempatkan diri bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Sul...
Video23 Oktober 2024 18:14
VIDEO: Aksi Penganiayaan Terekam CCTV di RS Pertamina Makassar
SULSELATU.com – Sebuah video yang memperlihatkan aksi penganiayaan terhadap seorang petugas jaga di RS Pertamina Makassar, Sudiang, Kota Makassa...