Logo Sulselsatu

Rudal Mundur di Kontestasi Pilwalkot Makassar, Tiket NasDem Milik Siapa?

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 18 Juli 2024 14:10

Bakal calon Wali Kota Makassar Rusdin Abdullah. Ist
Bakal calon Wali Kota Makassar Rusdin Abdullah. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Arah dukungan Partai NasDem di Pilwalkot Makassar 2024 masih menjadi tanda tanya besar setelah jagoannya, Rusdin Abdullah (Rudal) mengumumkan mundur dari pencalonan sebagai calon wali kota Makassar.

Padahal, NasDem Makassar sebelumnya gencar mempromosikan Rusdin Abdullah sebagai bakal calon yang akan diusung. Bahkan, Rudal diketahui telah aktif melakukan sosialisasi selama hampir empat bulan, menyebarkan Alat Peraga Kampanye (APK), serta membentuk tim dan relawan di tingkat RT dan RW.

Dalam berbagai survei, Rudal selalu berada di posisi tiga besar sebagai calon kuat yang dianggap memiliki peluang besar menggantikan Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto sebagai Wali Kota Makassar.

Baca Juga : Rudal “Sayang Makassar” Kalah Sebelum Bertarung di Pilwalkot Makassar

Namun, keputusan mengejutkan datang dari Rudal, yang mengumumkan mundur dari kontestasi Pilwalkot Makassar 2024.

Lantas siapa yang akan meraih tiket atau rekomendasi NasDem? Beberapa nama yang disebut-sebut mungkin mendapatkan dukungan dari Nasdem antara lain Andi Seto Asapa, Indira Yusuf Ismail, dan Munafri Arifuddin.

Bahkan kabar yang beredar menyebutkan bahwa Andi Seto Asapa kemungkinan akan maju berpasangan dengan kader NasDem, Rezky Mulfiati Luthfi.

Baca Juga : Warga Rappocini Ramai-ramai Nyatakan Dukungan ke Rusdin Abdullah di Pilwalkot Makassar

Direktur Nurani Strategi, Nurmal Idris, menyebutkan bahwa mundurnya Rudal dari kancah pilwali sebelum bertarung disebabkan oleh faktor politik, bukan faktor lainnya.

Menurutnya, jika melihat tren elektoral Rusdin Abdullah setiap bulan mengalami peningkatan. Dengan begitu, jika Rudal menyatakan mundur dari Pilwalkot, itu murni karena politik NasDem dan Rudal yang tidak sejalan.

“Ini mungkin faktor politik. Ini sama sekali bukan faktor elektabilitas karena menurut saya keterpilihan Rudal masih stabil,” ujarnya.

Baca Juga : Rusdin Abdullah Garap Pemilih Muda Lewat Turnamen Rudal Mobile Legends

“Rekaman terakhir lembaga kami memperlihatkan bahwa Rudal adalah figur yang terus mendekati Munafri Arifuddin alias Appi yang sementara memimpin,” jelasnya.

Sebelumnya, istri Rusdin Abdullah, Debbie Rusdin Abdullah, menyampaikan kepada media bahwa suaminya tidak melanjutkan langkah politiknya di Pilkada Makassar.

“Iya, Pak Rudal mundur,” ungkap Debbie, yang juga legislator dari fraksi Golkar Sulsel.

Baca Juga : Ringankan Beban Masyarakat, Warga Bara-Baraya Jempol Program Rusdin Abdullah di Pilwalkot Makassar

Namun, Debbie tidak menjelaskan alasan detail mengenai mundurnya Rudal dari bursa pencalonan Wali Kota Makassar. “Mundur karena sesuatu hal, yang penting Pak Rudal sehat. Itu saja harapan saya,” jelas Debbie. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Oktober 2024 00:07
VIDEO: Warga Gotong Royong Hadang Maling Minimarket
SULSELSATU.com – Kejadian di Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (16/10/2024) kemarin. Pelaku menggunakan mobil merk Honda Mobilio warna hitam Nopo...
Video17 Oktober 2024 21:41
VIDEO: Polisi Tindak Mobil PickUp ‘ODOL’ di Makassar
SULSELSATU.com – Satlantas Polrestabes Makassar melanjutkan Operasi Zebra Pallawa 2024 pada Kamis (17/10) siang. Dalam operasi tersebut, sebuah ...
Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...
Video17 Oktober 2024 20:16
VIDEO: DPR RI Setujui Pemberhentian Budi Gunawan, Herindra Diangkat sebagai Kepala BIN
SULSELSATU.com – DPR RI memberikan persetujuan atas pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menyetujui Budi Gunawan diga...