Rudal Mundur di Kontestasi Pilwalkot Makassar, Tiket NasDem Milik Siapa?

Rudal Mundur di Kontestasi Pilwalkot Makassar, Tiket NasDem Milik Siapa?

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Arah dukungan Partai NasDem di Pilwalkot Makassar 2024 masih menjadi tanda tanya besar setelah jagoannya, Rusdin Abdullah (Rudal) mengumumkan mundur dari pencalonan sebagai calon wali kota Makassar.

Padahal, NasDem Makassar sebelumnya gencar mempromosikan Rusdin Abdullah sebagai bakal calon yang akan diusung. Bahkan, Rudal diketahui telah aktif melakukan sosialisasi selama hampir empat bulan, menyebarkan Alat Peraga Kampanye (APK), serta membentuk tim dan relawan di tingkat RT dan RW.

Dalam berbagai survei, Rudal selalu berada di posisi tiga besar sebagai calon kuat yang dianggap memiliki peluang besar menggantikan Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto sebagai Wali Kota Makassar.

Namun, keputusan mengejutkan datang dari Rudal, yang mengumumkan mundur dari kontestasi Pilwalkot Makassar 2024.

Lantas siapa yang akan meraih tiket atau rekomendasi NasDem? Beberapa nama yang disebut-sebut mungkin mendapatkan dukungan dari Nasdem antara lain Andi Seto Asapa, Indira Yusuf Ismail, dan Munafri Arifuddin.

Bahkan kabar yang beredar menyebutkan bahwa Andi Seto Asapa kemungkinan akan maju berpasangan dengan kader NasDem, Rezky Mulfiati Luthfi.

Direktur Nurani Strategi, Nurmal Idris, menyebutkan bahwa mundurnya Rudal dari kancah pilwali sebelum bertarung disebabkan oleh faktor politik, bukan faktor lainnya.

Menurutnya, jika melihat tren elektoral Rusdin Abdullah setiap bulan mengalami peningkatan. Dengan begitu, jika Rudal menyatakan mundur dari Pilwalkot, itu murni karena politik NasDem dan Rudal yang tidak sejalan.

“Ini mungkin faktor politik. Ini sama sekali bukan faktor elektabilitas karena menurut saya keterpilihan Rudal masih stabil,” ujarnya.

“Rekaman terakhir lembaga kami memperlihatkan bahwa Rudal adalah figur yang terus mendekati Munafri Arifuddin alias Appi yang sementara memimpin,” jelasnya.

Sebelumnya, istri Rusdin Abdullah, Debbie Rusdin Abdullah, menyampaikan kepada media bahwa suaminya tidak melanjutkan langkah politiknya di Pilkada Makassar.

“Iya, Pak Rudal mundur,” ungkap Debbie, yang juga legislator dari fraksi Golkar Sulsel.

Namun, Debbie tidak menjelaskan alasan detail mengenai mundurnya Rudal dari bursa pencalonan Wali Kota Makassar. “Mundur karena sesuatu hal, yang penting Pak Rudal sehat. Itu saja harapan saya,” jelas Debbie. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga