184 Ribu Anak di Makassar Jadi Sasaran Target Imunisasi Polio

184 Ribu Anak di Makassar Jadi Sasaran Target Imunisasi Polio

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 184 ribu anak di Kota Makassar menjadi sasaran imunisasi polio. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin saat ditemui di Posyandu Asoka 7, Kelurahan Parang Tambung Kecamatan Tamalate, Rabu (24/7/2024).

Nursaidah menyebut, dari 184 ribu anak tersebut, mereka terbagi atas beberapa kelompok usia. Mulai 0-5 tahun, 5-7 tahun dan hingga usia 1 hari sebelum 8 tahun. Mereka semua ditargetkan menerima vaksin polio.

“Jadi kiat kami untuk 47 puskesmas kita gencarkan di awal, turun ke beberapa tempat yang kami siapkan. Di antaranya adalah Posyandu, sekolah-sekolah, dan pos pelayanan yang sudah ditentukan puskesmas,” ungkapnya.

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) polio yang muncul di beberapa daerah di Indonesia. Dia menjelaskan bahwa polio merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya dan rentan menyerang anak usia balita.

Penyakit menular ini menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan kerusakan pada sistem saraf motorik, sehingga penderita akan mengalami kelumpuhan anggota gerak. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan sehingga perlu upaya maksimal untuk pencegahannya.

Gejala awal polio sering diabaikan karena mirip dengan flu biasa, seperti demam, sakit badan, dan tegang leher. Nursaidah menekankan bahwa polio tidak bisa diobati, namun dapat dicegah dengan pemberian imunisasi.

“Penyakit ini biasa orang bilang lumpuh layu. Tidak bisa diobati, tapi bisa dicegah dengan pemberian imunisasi. Kita sudah eradikasi polio sejak puluhan tahun yang lalu, tapi kenapa muncul sekarang di beberapa daerah? Karena ada satu anak yang tidak diberikan imunisasi sehingga jadi pemicu munculnya polio kembali,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Nursaidah juga menyoroti pentingnya penyelesaian target imunisasi di Kecamatan Tamalate, Kelurahan Parang Tambung, dengan total sasaran sebanyak 259 anak. Ia menegaskan bahwa waktu yang tersedia sangat singkat untuk mencapai target imunisasi 184 ribu anak di Kota Makassar.

“Kota Makassar selalu menjadi daerah dengan sasaran imunisasi tertinggi di Sulawesi Selatan. Kami berharap 47 puskesmas kami bekerja keras untuk mencapai target ini. Dalam dua pekan pertama, kami menargetkan pelaporan mencapai 80 persen, dan kemudian melakukan sweeping bagi anak-anak yang tidak bersekolah dengan mendatangi rumah mereka satu per satu,” pungkasnya. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga