Logo Sulselsatu

Prof Karta Jayadi Kembali Kukuhkan 3 Besar FIP FT dan FBS UNM

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 25 Juli 2024 14:23

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sidang terbuka luar biasa dalam rangka pengukuhan tiga guru besar di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Kamis, (25/07/2024).

Pengukuhan tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UNM, Prof. Karta Jayadi, dan menjadi bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun UNM yang ke-63.

Tiga guru besar UNM yang dikukuhkan diantaranya,
1. Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd. dalam Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM, dengan orasi ilmiah berjudul “Eksistensi dan Urgensi Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Perencanaan Karir Generasi Z di Era Digital”.

Baca Juga : Rektor UNM Kukuhkan Herri Swantoro sebagai Profesor Ilmu Administrasi Publik

2. Prof. Iskandar, S.Pd., M.Ed., Ph.D. dalam Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNM, dengan orasi ilmiah berjudul *”Membangun Harmoni Melalui Komunikasi Asertif dalam Bingkai Budaya Kolektivistik”.

3. Prof. Dr. Hendra Jaya, S.Pd., M.T. dari Bidang Ilmu Pendidikan Teknik Kejuruan, Dekan Fakultas Teknik (FT) UNM, dengan orasi ilmiah berjudul *”Inovasi Pembelajaran Praktikum Berbasis Virtual Sebagai Strategi untuk Mencapai Era Keemasan UNM yang Unggul dan Adaptif Terhadap Perubahan Zaman”.

Rektor UNM Prof Karta Jayadi Kembali Kukuhkan 3 Besar FIP FT dan FBS UNM (Sulselsatu/Jahir Majid)

Baca Juga : Soal Kualitas Demokrasi di Indonesia Prof. Karta Jayadi: Kesadaran dan Kematangan Kunci Kualitas Demokrasi

Dalam sambutannya, Prof. Karta Jayadi menekankan bahwa pengukuhan ini tidak hanya merupakan pencapaian akademik penting bagi para guru besar, tetapi juga momentum untuk memperkuat komitmen UNM dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.

Ia juga menyatakan rasa bangganya terhadap kualitas akademik UNM dengan menyebutkan bahwa hanya dalam waktu singkat, sembilan guru besar telah dikukuhkan, yang menunjukkan kemajuan signifikan dalam kualitas akademik institusi.

“Khusus hari ini saya memberikan penghargaan dan ucapan bahagia kepada tiga guru besar yang baru dikukuhkan. Kita patut bersyukur bahwa UNM ini memiliki kualitas guru besar yang cerdas. Kemarin kita kukuhkan 6 hari ini 3 menandai dies natalis atau HUT UNM yang ke 63,” ujar Prof. Karta Jayadi.

Baca Juga : Kukuhkan Prof Sjarifuddin Hasan Sebagai Guru Besar, Ini Pesan Rektor UNM

Prof. Karta Jayadi juga menekankan pentingnya peran guru besar dalam memajukan kualitas pendidikan dan penelitian di UNM. Ia berharap acara serupa dapat menjadi agenda rutin untuk memperingati usia UNM ke-64 di tahun mendatang, dan menekankan pentingnya tidak membiarkan waktu berlalu tanpa pencapaian.

Selain itu, guru besar antropologi dan seni ini juga mengapresiasi kontribusi ketiga guru besar tersebut dalam bidang akademik dan berharap orasi ilmiah yang disampaikan dapat menginspirasi sivitas akademika lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

“Kualitas pembacaan pidato, pembacaan orasi akademik ilmiah dari para guru besar UNM itu luar biasa, sangat aplikatif, sangat mencerahkan, sangat inspiring for development ilmu pengetahuan. Ini sangat luar biasa,” pungkas Prof. Karta Jayadi.

Baca Juga : UNM Kukuhkan Prof Mohammad Jafar Hafsa sebagai Guru Besar Bidang Agribisnis Pangan

Prof Karta menegaskan komitmen UNM dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian serta peran aktifnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video16 Oktober 2024 23:49
VIDEO: Presiden Ungkap Alasan Pemberhentian Kepala BIN, Jokowi: Atas Permintaan Pak Prabowo
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Jokowi mengatakan pem...
Adventorial16 Oktober 2024 22:37
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Jajarannya Terapkan Nilai PASTI dan BerAKHLAK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, mengadakan arahan kepada seluruh j...
Politik16 Oktober 2024 22:19
Fatmawati Rusdi Dikenal Peduli Isu Perempuan dan Kelompok Rentan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fatmawati Rusdi dinilai sebagai sosok yang sangat concern dengan isu perempuan. Menurut Sekretaris Forum Alumni HMI W...
Video16 Oktober 2024 21:56
VIDEO: Pendaki Alami Insiden di Gunung Gandang Dewata Berhasil Dievakuasi
SULSELSATU.com – Pendaki yang mengalami trouble saat perjalanan turun gunung berhasil dievakuasi. Kejadian ini terjadi di Gunung Gandang Dewata,...