Logo Sulselsatu

Pj Gubernur Sulsel Puji PT Vale: Layak jadi Tolok Ukur Perusahaan Tambang di Dunia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 06 Agustus 2024 14:49

Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh saat mengunjungi area tambang PT Vale di Sorowako. Foto: Istimewa.
Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh saat mengunjungi area tambang PT Vale di Sorowako. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, SOROWAKO – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh memuji praktik pertambangan yang diterapkan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) selama 56 tahun beroperasi.

Hal tersebut disampaikan usai mengunjungi area penambangan, reklamasi dan Nursery pada Sabtu (3/8/2024).

Kunjungan yang singkat tersebut menghadirkan kesan yang baik terhadap PT Vale. Prof Zudan pun mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan, mengikuti langkah PT Vale dalam menjaga lingkungan.

Baca Juga : Solusi Strategis PT Vale Hadapi Tantangan di Industri Pertambangan

“Tuhan maha baik telah memberikan karunia kepada kita berupa kekayaan alam. Semua kebaikan yang telah kita ambil dari bumi harus dikembalikan, seperti yang telah dilakukan oleh PT Vale selama ini,” kata Prof Zudan.

Berangkat dari kunjungan tersebut, Prof Zudan tidak ragu menyebut PT Vale akan menjadi perusahaan tambang besar dari Sulsel yang menjadi contoh dunia.

PT Vale berpotensi menjadi perusahaan besar yang menjadi tolok ukur dunia, dan saya berpesan agar PT Vale terus berkomitmen menjadi yang terbaik, dari Sulsel untuk dunia,” jelasnya.

Baca Juga : PT Vale Ikut Meriahkan Perayaan HUT ke-355 Sulsel, Pamerkan Produk UMKM Binaan

Kunjungan Prof Zudan diakhiri dengan melakukan penanaman pohon di area Nursery.

Katanya, budaya menanam pohon oleh PT Vale sangat baik, masyarakat dan pemangku kepentingan harus mengikuti budaya tersebut.

“Penanaman pohon ini sejalan dengan salah satu program Pemprov Sulsel, yaitu Sulsel Menanam dengan tujuan melestarikan lingkungan dan menjaga planet. Kami mendukung semua program PT Vale, karena semua program PT Vale sangat bermanfaat untuk kelestarian lingkungan dan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga : Pionir Pertambangan Berkelanjutan, PT Vale Indonesia Raih Terobosan Peringkat Risiko ESG Menengah

Dia menjelaskan, PT Vale tidak hanya menjaga lingkungan, tetapi juga berkontribusi pada aspek pemberdayaan masyarakat seperti kesehatan, pendidikan, dan perkembangan ekonomi di Lutim.

“Hal seperti ini penting disebarluaskan agar menjadi role model dalam tata pengelolaan pertambangan di Indonesia. Sehingga masyarakat mendapatkan perspektif baru tentang dunia pertambangan yang tidak identik dengan kerusakan lingkungan, lantaran kita menemukan role model yang bisa menjadi tonggak tata pengelola pertambangan dari Sulsel,” pungkasnya.

CEO PT Vale Febriany Eddy mengatakan, sejak awal berdiri perseroan telah menerapkan pengelolaan tambang yang berkelanjutan, dan tolok ukur keberhasilan perusahaan tak lepas dari komitmen 3P, yaitu Planet, People, dan Profit.

Baca Juga : Transformasi Komunitas Dorong Keberlanjutan: PT Vale Indonesia Raih Subroto Award 2024

Perusahaan tidak hanya mengejar keuntungan atau laba perusahaan, tetapi juga memanusiakan manusia, sekaligus menjaga keberlangsungan alam.

“Perusahaan sangat terbuka apabila ada yang ingin melihat langsung proses pertambangan PT Vale, dan kami menerima masukan untuk perkembangan perusahaan menjadi lebih baik karena kami sadar masih banyak kekurangan dalam operasi kami,” katanya.

Febri melanjutkan, PT Vale terus berusaha mewujudkan masa depan tambang berkelanjutan, demi memastikan kelestarian lingkungan di tengah pemenuhan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Patuhi Regulasi SFR, PT Vale IGP Pomalaa Terapkan Sistem Pengadaan Terpadu

“Tidak ada masa depan tanpa pertambangan dan tidak ada pertambangan tanpa kepedulian masa depan,” jelasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi23 Oktober 2024 10:52
Keripik Pisang Bakauheni Melesat, Berkat Dukungan Pemberdayaan BRI
SULSELSATU.com, BAKAUHENI – UMKM di Bakauheni, Lampung, kini merasakan dampak positif dari program pemberdayaan BRI. Salah satu contoh nyata adalah ...
Politik23 Oktober 2024 10:20
Ketua Yayasan Almunawwarah Tegaskan Kualitas dr Ulfah-MHG: “Siap Menangkan di Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – Di tengah terpaan isu miring yang ditujukan ke Paslon 2 dokter Ulfah-MHG, tak membuat dukungannya melemah. Sebaliknya ju...
Aneka23 Oktober 2024 10:00
Member Komunitas Toyota Makin Untung dengan Kartu Tanda Anggota
Komunitas otomotif Toyota Owners Club (TOC) Celebes Kalla Toyota mengumumkan peluncuran program Kartu Tanda Anggota komunitas TOC...
Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...