Logo Sulselsatu

Tingkatkan Kompetensi Angkatan Kerja Lokal, PT Vale IGP Pomalaa Beri Pelatihan Khusus

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 07 Agustus 2024 15:41

Pelatihan angkatan kerja lokal PT Vale IGP Pomalaa. Foto: Istimewa.
Pelatihan angkatan kerja lokal PT Vale IGP Pomalaa. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, KOLAKAPT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa bersama Balai Latihan dan Keterampilan Kerja (BLKK) Kolaka menyelenggarakan Pelatihan Kompetensi dan Sertifikasi “Surveyor dan Basic Office”, sejak Kamis (6/6/2024) hingga Jumat (26/7/2024) di Aula BLKK, Kolaka.

Puluhan peserta antusias mengikuti pelatihan yang baru pertama kali diselenggarakan PT Vale IGP Pomalaa.

Pelatihan Surveyor dan Basic Office merupakan bagian dari Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) PT Vale, yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan untuk tumbuh bersama masyarakat.

Baca Juga : Transformasi Komunitas Dorong Keberlanjutan: PT Vale Indonesia Raih Subroto Award 2024

Head of Project Pomalaa Mohammad Rifai mengatakan, program ini terlaksana berkat kerja sama yang baik antara perusahaan dengan Pemda Kolaka.

Ia berharap, pelatihan yang telah dicanangkan oleh PT Vale IGP Pomalaa terus mendapat dukungan dari semua pihak.

Ia menekankan tujuan pelatihan untuk menghasilkan tenaga kerja siap pakai.

Baca Juga : Patuhi Regulasi SFR, PT Vale IGP Pomalaa Terapkan Sistem Pengadaan Terpadu

“Pelatihan ini dirancang untuk mempersiapkan angkatan kerja muda agar dapat bersaing di pasar tenaga kerja. Kami percaya bahwa keterampilan yang diperoleh akan membuka peluang baru bagi mereka,” katanya.

Menurutnya, PT Vale IGP Pomalaa sedang dalam tahap konstruksi, sehingga kebutuhan tenaga survei, khususnya pada pekerjaan survei tanah, sangat tinggi.

Di samping itu, kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja yang kompeten pada dasar-dasar pengoperasian pengolahan data cukup besar.

Baca Juga : Tertib Frekuensi, PT Vale IGP Pomalaa Raih Penghargaan Loka Monitor SFR Kendari

“Semoga pelatihan ini bisa meningkatkan keterampilan para peserta, dan menjadi modal saat melamar kerja di perusahaan manapun,” ujarnya.

Selain itu, PT Vale IGP Pomalaa juga telah melaksanakan sejumlah pelatihan sebelumnya, termasuk pelatihan elektrikal, welder, basic safety, dan operator alat berat.

“Kami telah melatih ratusan angkatan kerja lokal. Sudah ada ratusan peserta dari pelatihan operator yang kami luluskan, dan program itu masih berjalan. Pelatihan kali ini pun kami harapkan bukan hanya dibuka satu kelas saja, tapi bisa berlanjut lagi di kelas-kelas berikutnya,” tambah Rifai.

Baca Juga : Kepemimpinan CEO PT Vale Febriany Eddy Kembali Diakui, Masuk Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Asia

Pada kesempatan ini, PT Vale IGP Pomalaa menyerahkan dua unit simulator alat berat jenis excavator dan dozer kepada BLKK Kolaka.

Simulator ini akan mendukung pelatihan operator alat berat, memperkuat fasilitas pelatihan yang tersedia di BLKK Kolaka.

Kepala UPTD BLKK Kolaka, I Nyoman Warta menyatakan apresiasinya atas dukungan PT Vale IGP Pomalaa.

Baca Juga : Komitmen Hidup Berdampingan dengan Masyarakat, PT Vale Lakukan Program Pemberdayaan

“Kerja sama ini sangat berarti bagi kami dalam meningkatkan kompetensi angkatan kerja lokal. Program pelatihan ini memberikan kontribusi besar bagi kesiapan tenaga kerja di Kabupaten Kolaka,” ujarnya.

Warta berharap agar peserta pelatihan dapat menerapkan keterampilan yang mereka peroleh secara efektif di dunia kerja.

Salah seorang peserta, Muhammad Ikwal mengungkapkan, pelatihan tersebut memberi pengetahuan baru. “Kami berharap pelatihan serupa dapat terus diadakan di masa depan,” ujar Ikwal.

Peserta lainnya, Manrisal mengaku senang bisa mengikuti pelatihan tersebut. Ia mengikuti Pelatihan Surveyor ini untuk mengasah keterampilannya dalam survei tanah.

“Pastinya ilmu seperti ini sangat penting sebagai bekal kita nantinya. Apalagi tadi dari manajemen PT Vale menyampaikan bahwa kebutuhan perusahaan akan tenaga surveyor itu cukup tinggi,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video17 Oktober 2024 16:33
VIDEO: Presiden Jokowi Ungkap Arti Nama Cucu Keenam: Bebingah San Tansahayu
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo menjenguk cucu keenamnya dari Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Rabu (16/10) malam kemarin. Dalam kesempa...
Politik17 Oktober 2024 16:29
Debat Pertama Pilgub Sulsel Dijadwalkan 28 Oktober, Begini Persiapan KPU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisioner KPU Sulawesi Selatan, Hasruddin Husan, mengumumkan bahwa pelaksanaan debat calon gubernur dan wakil gubern...
Hukum17 Oktober 2024 16:10
Tiga Komisioner KPU Palopo Ikut Tersangka Kasus Pemalsuan Ijazah Bersama Trisal Tahir
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gakumdu Palopo menetapkan Calon Wali Kota Palopo, Trisal Tahir, sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan ijazah...
Berita Utama17 Oktober 2024 16:03
Bukit Baruga di Pameran REI-Panin 2024, Insentif PPN 100 Persen dan Subsidi KPR Hingga Rp30 Juta
Bukit Baruga sebagai penyedia hunian eksklusif di Makassar, berpartisipasi dalam Pameran Real Estate Indonesia (REI) oleh Bank Panin....