Logo Sulselsatu

Kanwil DJP Sulselbartra Wujudkan Generasi Muda Sadar Pajak Lewat Pajak Bertutur

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 12 Agustus 2024 17:18

Salah satu peserta Pajak Bertutur di Kepualauan Selayar. Foto: Istimewa.
Salah satu peserta Pajak Bertutur di Kepualauan Selayar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Kanwil DJP Sulselbartra) bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bulukumba dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Benteng menyelenggarakan Pajak Bertutur 2024 di SMAN 9 Kepulauan Selayar pada Rabu (78/2024).

Pajak Bertutur dihadiri 60 siswa dari SMAN 9 Kepulauan Selayar. Pajak Bertutur ini dilaksanakan secara serentak di seluruh unit kerja Direktorat Jenderal Pajak di Indonesia.

Berdasarkan data publikasi 2023, Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Sulsel dengan luas 1.357,03 km2 dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 137.071 jiwa.

Baca Juga : Kanwil DJP Sulselbartra Dukung Pertumbuhan Ekonomi dengan Ikut Bazaar UMKM Kemenkeu Satu Sulsel

Kabupaten Kepulauan Selayar ini memiliki fasilitas pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 142 unit sekolah, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 57 unit sekolah, Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 11 unit sekolah, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 8 unit sekolah.

Membangun kesadaran pajak seperti yang diharapkan oleh pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sangat diperlukan adanya perhatian terhadap atensi (minat) belajar yang tinggi.

Salah satu bentuk atensi yang dikembangkan oleh Kanwil DJP Sulselbartra untuk membantu program pemerintah menumbuhkembangkan minat belajar salah satunya dengan memberikan motivasi kepada siswa melalui Pajak Bertutur.

Baca Juga : KALLA Setor Pajak Peling Besar, Raih Penghargaan DJP Sulselbartra

Adanya Pajak Bertutur ini diharapkan dapat membangun pola pikir dan pola pandang siswa untuk bangkit mewujudkan mimpinya menjadi orang sukses dengan belajar di perguruan tinggi.

Berdasarkan minat belajar yang dikembangkan Kanwil DJP Sulselbartra untuk mewujudkan kesadaran pajak inilah, kegiatan Pajak Bertutur 2024 dilaksanakan dengan tema “Lampaui Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas”.

Sunarko selaku Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulselbartra menyampaikan, pajak bertutur ini merupakan kegiatan edukasi perpajakan untuk generasi muda.

Baca Juga : Realisasi Pajak Sulsel Baru Rp6,13 Triliun Semester I 2024, 44,16 Persen dari Target Rp13,89 Triliun

“Sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai semangat bela negara melalui pajak, karena pajak kita untuk kita, dengan pajak semua dapat manfaatnya. Di masa yang akan datang semua generasi muda ini diharapkan dapat mewujudkan mimpinya berhasil meraih cita-cita yang diinginkan, dan kelak akan muncul profesi yang beragam, serta kesadaran pajak akan tumbuh meningkat menjadi semakin kuat untuk mewujudkan Indonesia Emas,” ujar Sunarko.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...