Logo Sulselsatu

Perkuat Kinerja, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Bimtek Pemasyarakatan SPPN

Asrul
Asrul

Selasa, 13 Agustus 2024 21:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemasyarakatan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) kepada Asesor dan Wali Pemasyarakatan di Lapas dan Rutan Tahun Anggaran 2024. Kegiatan digelar di Hotel Lynt Makassar pada Selasa (13/8/2024).

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Yudi Suseno dalam amanat Plt Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Indah Rahayuningsih, menyampaikan apresiasi kepada Divisi Pemasyarakatan dan jajaran satuan kerja (satker) atas terselenggaranya bimtek ini.

“Semoga bimtek ini dapat menjadi upaya pembinaan, pengendalian, dan pengawasan bagi petugas pemasyarakatan dalam mewujudkan Resolusi Kemenkumham Tahun 2024 secara PASTI dan BerAKHLAK yang semakin berdampak,” kata Yudi.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Buka Rakor Kerjasama Pemda dan Ditjen Imigrasi

Lebih lanjut Yudi sampaikan bahwa pelaksanaan Bimtek SPPN ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas, kompetensi, dan keterampilan petugas pemasyarakatan dalam implementasi penilaian pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), sekaligus menjadi wadah praktik metode dan instrumen-instrumen pengamatan perilaku dan kebutuhan.

“Diharapkan setelah mengikuti bimtek ini, seluruh peserta mampu menguasai tugas dan fungsi (tusi) dalam upaya meningkatkan kualitas fungsi pembinaan WBP, sekaligus mendorong perubahan perilaku dan penurunan tingkat risiko Narapidana. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumhan) No 35/2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan,” harap Yudi dalam amanat Plt. Kakanwil Indah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Bimbingan dan TI Rahnianto dalam laporannya mengatakan bimtek ini mengusung tema “Perkuat Kinerja Asesor dan Wali Pemasyarakatan di Lapas dan Rutan semakin PASTI dan berAKHLAK menuju pemasyarakatan yang berdampak”.

Baca Juga : Perkuat Pengendalian TBC-HIV/AIDS, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan

“Sesuai tema tersebut, diharapkan seluruh peserta dapat memberikan penilaian pembinaan WBP secara terukur, obyektif, dan sistematis dengan menggunakan SPPN,” jelas Rahnianto.

Lebih lanjut Rahnianto sampaikan selama 3 (tiga) hari ke depan, seluruh peserta yang berjumlah 18 orang dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Sulsel akan mendapatkan materi yang disampaikan oleh para narasumber dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Wilayah Sulsel, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta Bimtek SPPN oleh Kadivpas Yudi Suseno secara simbolis. Kadivpas Yudi juga memberikan sertifikat penghargaan kepada para narasumber di hadapan seluruh peserta.

Baca Juga : Kakanwil Taufiqurrakhman Terima Kunjungan Kapolda Sulsel, Perkuat Sinergitas untuk Keamanan

Hadir dalam kegiatan ini Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Madya Budi Hartoyo dan seluruh jajaran pada Divisi Pemasyarakatan Kanwil.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum24 Oktober 2024 23:20
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Buka Rakor Kerjasama Pemda dan Ditjen Imigrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman membu...
Politik24 Oktober 2024 22:40
PKB Takalar Optimis Menangkan Danny-Azhar di Pilgub
SULSELSATU.com, TAKALAR – Hanya jedah sehari setelah menyisir Luwu Raya selama sepekan, calon wakil gubernur Sulsel nomor 1, Azhar Arsyad kembal...
Adventorial24 Oktober 2024 21:19
BRI Perkuat Sinergi dengan Badan Kepegawaian Negara untuk Peningkatan Layanan Perbankan
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menjalin sinergi strategis dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mela...
OPD24 Oktober 2024 20:34
Profil Supratman, Dari Pegawai Kontrak Hingga Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Legislator 3 periode dari Partai NasDem Supratman resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Makassar periode 2024-2029. Supra...