Logo Sulselsatu

Kanwil Kemenkumham Sulsel Tingkatkan Kemampuan Deteksi Dini Petugas Pemasyarakatan

Asrul
Asrul

Jumat, 23 Agustus 2024 08:43

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Angkat tema Strategi Fungsi Sumber Daya Manusia Dalam Deteksi Dini Gangguan Kamtib pada UPT Pemasyarakatan Wilayah Sulsel, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) selenggarakan Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan lingkup Unit Pelaksana Teknis (UPT) bertempat di Hotel Claro, makassar, pada Rabu (21/8/2024).

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Yudi Suseno dalam kesempatan ini mengingatkan kepada segenap insan Pemasyarakatan agar terus menerus melakukan sistem pengendalian pada lapas/rutan dengan penuh dedikasi yang dilandasi sifat, sikap, dan rasa tanggung jawab.

“Kami melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran-pelanggaran dalam pelaksanaan tugas Lapas/Rutan dan kami tidak membuka ruang toleransi terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh petugas pemasyarakatan,” tegas Yudi.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Buka Rakor Kerjasama Pemda dan Ditjen Imigrasi

Dia yakin apabila fungsi pengawasan dijalankan, aspek pencegahan sebagai hasil dari pelaksanaan fungsi pengawasan tidak hanya memberikan efek jera (defferent effect), namun juga memberikan daya tangkal (preventif effect) yang pada akhirnya memberikan perubahan dan perbaikan sehingga menjadi bagian dari solusi pemecahan masalah pemsyarakatan.

Yudi tak lupa meminta agar Kalapas dan Karutan tidak terlibat politik praktis dan menjaga netralitas ASN Pada pergelaran pilkada agar tercipta lapas rutan aman kondusif.

Adapun dalam laporan panitia oleh Surianto mengatakan, para peserta akan mendapatkan materi dari para narasumber yang berasal Dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Victor Teguh Prihartono, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel, Saharuddin Dan Badan Intelijen Negara, Muh. Husni.

Baca Juga : Perkuat Pengendalian TBC-HIV/AIDS, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan

Hadir dalam kegiatan ini Para Kepala beserta Jajaran APH se-Sulsel, Seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan se-Sulsel, Para Pejabat Administrator dan Pengawas Kanwil, serta Seluruh Pegawai Divisi Pemasyarakatan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum24 Oktober 2024 23:20
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Buka Rakor Kerjasama Pemda dan Ditjen Imigrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman membu...
Politik24 Oktober 2024 22:40
PKB Takalar Optimis Menangkan Danny-Azhar di Pilgub
SULSELSATU.com, TAKALAR – Hanya jedah sehari setelah menyisir Luwu Raya selama sepekan, calon wakil gubernur Sulsel nomor 1, Azhar Arsyad kembal...
Adventorial24 Oktober 2024 21:19
BRI Perkuat Sinergi dengan Badan Kepegawaian Negara untuk Peningkatan Layanan Perbankan
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menjalin sinergi strategis dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mela...
OPD24 Oktober 2024 20:34
Profil Supratman, Dari Pegawai Kontrak Hingga Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Legislator 3 periode dari Partai NasDem Supratman resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Makassar periode 2024-2029. Supra...