Logo Sulselsatu

Biaya Cek Kesehatan 1 Paslon di RS Unhas Capai Rp52 Juta Lebih

Asrul
Asrul

Senin, 02 September 2024 10:49

Ketua KPU Lutim Irfan bersama Cakada Budiman-Akbar saat memberikan keterangan pers di RS Unhas. Foto/SS
Ketua KPU Lutim Irfan bersama Cakada Budiman-Akbar saat memberikan keterangan pers di RS Unhas. Foto/SS

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Biaya pemeriksaan cek kesehatan bagi satu pasangan Calon Kepala Daerah atau Cakada di Rumah Sakit (RS) Universitas Hasanuddin (Unhas) menghabiskan anggaran sekitar Rp52 juta lebih.

Rinciannya, untuk kandidat laki-laki dikisaran RpRp26.113.700 sementara bagi kandidat perempuan Rp26.413.700 sehingga total anggaran yang dikeluarkan sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memilih pemeriksaan kesehatan di RS Unhas sebanyak Rp52.527.400.

Ketua KPU Luwu Timur Irfan Lahabu mengatakan biaya pemeriksaan kesehatan Paslon menjadu tanggung jawab sekertariat KPU.

Baca Juga : Ini Program Unggulan Fauzi-Adjie Buat Sejahterakan Petani di Lutra

“Kalau angkanya itu sekitar Rp26 juta tiar orang, karena berpasangan maka sekitar Rp52 juta lebih,” ujar Irfan di RS Unhas Makassar, Senin (2/9/2024)

Untuk diketahui, Pilkada Lutim diikuti tiga pasangan calon yakni Budiman-Akbar Leluasa, Irwan Bachri Syam-Puspa dan Isrullah Achmad-Usman Sadik

Ifran menyebutkan berdasarkan kontraknya dengan pihak RS Unhas, hasil pemeriksaan kesehatan baru bisa diserahkan pada 4 September nanti.

Baca Juga : Pengusaha Muda Lutim Dukung Isrullah-Usman Kuatkan UMKM Lewat Pariwisata di Luwu Timur

“Sesuai kontrak yang kami lakukan dengan pihak rumah sakit Unhas, itu sampai tanggal 4 September nanti dan itu nantinya akan kami plenokan dengan pihak rumah sakit dan itu akan diserahkan ke KPU,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil ketua tim pemeriksaan RS Unhas, dokter Satria Abadi membenarkan biaya pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah itu mencapai Rp 26 juta lebih.

“Semua yang melakukan pemeriksaan kesehatan biayanya sama setiap orang,” katanya

Baca Juga : Marten Rante Tondok Siap Gerakkan Jaringan Pemenangannya di Pileg Untuk Fauzi-Adjie

Namun memang ada perbedaan harga untuk kandidat perempuan dan laki-laki. “Kalau perempuan kan ada pemeriksaan yang berbeda dengan laki-laki. Jadi biayanya tentu beda,” ujar Satria.

Diketahui untuk di rumah sakit Unhas ada 11 kabupaten dan ota melakukan pemeriksaan kesehatan. Yakni Bantaeng (2 pasangan), Takalar (2 pasangan), Makassar (4 pasangan), Maros (1 pasangan), Pinrang (3 pasangan) dan Sidrap (3 pasangan).

Selanjutnya Toraja Utara (2 pasangan), Luwu (3 pasangan) Luwu Utara (4 pasangan), Luwu Timur (3 pasangan) dan Pangkep (3 pasangan).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Oktober 2024 00:07
VIDEO: Warga Gotong Royong Hadang Maling Minimarket
SULSELSATU.com – Kejadian di Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (16/10/2024) kemarin. Pelaku menggunakan mobil merk Honda Mobilio warna hitam Nopo...
Video17 Oktober 2024 21:41
VIDEO: Polisi Tindak Mobil PickUp ‘ODOL’ di Makassar
SULSELSATU.com – Satlantas Polrestabes Makassar melanjutkan Operasi Zebra Pallawa 2024 pada Kamis (17/10) siang. Dalam operasi tersebut, sebuah ...
Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...
Video17 Oktober 2024 20:16
VIDEO: DPR RI Setujui Pemberhentian Budi Gunawan, Herindra Diangkat sebagai Kepala BIN
SULSELSATU.com – DPR RI memberikan persetujuan atas pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menyetujui Budi Gunawan diga...