Logo Sulselsatu

Dinsos Minta Dinkes Terlibat Penanganan ODGJ, Ini Kata Kadinkes

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Senin, 02 September 2024 17:14

istimewa
istimewa

​SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar untuk ikut terlibat dalam penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa atau ODGJ karena masuk dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Hal tersebut dilakukan karena belum lama ini Dinsos Kota Makassar menyampaikan ide bakal merevisi ulang aturan penanganan ODGJ di Kota Makassar.

Merespon hal tersebut, Kepala Dinkes Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan, sejak awal pihak Dinsos telah melakukan kerja sama dengan RSJ Dadi tanpa berkoordinasi dengan pihaknya.

Baca Juga : Selama Januari-Juni 2024, Dinsos Makassar Rehabilitasi 84 ODGJ

“Selama ini mereka tidak pernah mengkonfirmasi, mereka langsung ke RSJ Dadi, dia langsung bawa semua pasiennya,” ucap Nursaidah, Senin (2/9/2024).

Kendati demikian, pihaknya terus melakukan pemeriksaan kesehatan melalui Puskesmas terhadap ODGJ sesuai tupoksi Dinas Kesehatan kota Makassar.

“Kami di puskesmas kan juga ada pemeriksaan ODGJ dan akan berjenjang kalau mau ke RSJ Dadi tidak langsung kalau kami, kami juga bantu melakukan pemeriksaan kalau ada informasi dari Dinsos,” ujarnya.

Baca Juga : PBI BPJS Kesehatan di Makassar Alami Penurunan

Dirinya mengaku jika pihaknya telah dihubungi Dinsos terkait penanganan ODGJ yang berada di pinggir jalan untuk dilakulan penanganan.

“Mereka (Dinsos) menghubungi kami (Dinkes) untuk ODGJ yang sakit di pinggir jalan, untuk penanganan home care,” akunya.

Dia juga menjelaskan jika Dinkes Kota Makassar akan mengurusi penyakit ODGJ, Sedangkan pihak dari Dinsos mengurusi tempat menginap mereka.

Baca Juga : Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Minta Puskesmas Maksimalkan Pemanfaatan Toga

“Mereka rata-rata tidak punya rumah, saya tidak bisa tampung, Dinsos yang tampung jadi kalau dia sakit saya yang urusi sakitnya, Dia (Dinsos) yang urusi penginapannya,” pungkasnya. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:51
Appi-Aliyah Diserang Black Campaign, Tim Hukum Akan Lapor ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang satu bulan pemilihan Wali Kota dan wakil Wali Kota Makassar 2024 untuk pilkada serentak. Pasangan calon (Pa...
OPD24 Oktober 2024 12:38
4 Pimpinan DPRD Makassar 2024-2029 Resmi Dilantik, Supratman Ketua
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrullah, meresmikan pengangkatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (...
Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...