Logo Sulselsatu

Ada Info Intelijen Musda HIPMI Sulsel Potensi Ricuh, Alasan Lokasi Dipindahkan ke Markas Tentara

Asrul
Asrul

Selasa, 10 September 2024 23:14

Rahmat dan Iyul saat memberikan keterangan ke wartawan. Foto/SS
Rahmat dan Iyul saat memberikan keterangan ke wartawan. Foto/SS

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua BPD HIPMI Sulsel Andi Rahmat Manggabarani, buka suara terkait pemindahan lokasi rapat pleno dalam rangka Musda HIPMI.

Semulanya rapat pleno diagendakan di Fourpoints by Sheraton, namun karena masalah keamanan, rapat kemudian dipindahkan ke Aula Manunggal Mini Hasanuddin Makassar. Rahmat menegaskan, keputusan pemindahan lokasi rapat pleno dilakukan atas dasar rekomendasi dari pihak keamanan.

“Kita memahami bahwa ada namanya divisi intelijen yang bertugas mencegah terjadinya kerusuhan. Berdasarkan data intelijen itulah mengatakan bahwa ada potensi kerusuhan atau konflik yang dikhawatirkan akan mengganggu Musda dan mengarah ke Pilkada serentak,” ungkap Rahmat kepada wartawan, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga : Andi Muhammad Karaka Tolak Hasil Musda HIPMI Sulsel, Siap Tempuh Jalur Hukum

Rahmat tak menjelaskan secara detail data intelijen dari siapa yang menjadi dasar kuat pihaknya memindahkan lokasi Musda HIPMI.

“Data intelejen adalah konsumsi intelijen, jadi kalau data intelijen berpotensi seperti itu. Jika kita tidak percaya, maka intelijen mana yang harus kita percayai, kami mengikuti data-data, karena intelijen ada ilmunya di luar ilmu kita semua, kita percayai itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Musda Amirul Yamin Ramadhansyah, menyatakan terkait dinamika yang terjadi pada saat proses Musda berlangsung, Iyul sapaan akrab Amirul menegaskan tidak berpihak ke calon ketua manapun. Keputusan yang diambil telah melalui mekanisme yang diatur. Tidak ada sikap otoriter atau semena-mena.

Baca Juga : Peserta Musda HIPMI Sulsel Protes Tempat Sidang Dipindahkan di Kompleks Kodam TNI

“Semua tahapan Musda sudah dilakukan dari awal sampai akhir merujuk pada AD ART. Perpecahan kami pastikan tidak ada. Budaya di HIPMI itu bertanding untuk bersanding. Tidak ada dualisme,” tegasnya.

“HIPMI tidak pernah mengenal perpecahan sekeras apapun kontestasinya. Mayoritas BPC hadir dalam sidang pleno. Lebih banyak yang hadir daripada yang tidak. 19 hadir, 3 tidak. Undangan 22. Perlakuan semuanya sama. Apakah mau hadir atau tidak, itu hak masing-masing,” lanjut Iyul mempertegas bahwa dinamika yang terjadi hal yang lumrah.

Terkait adanya riak-riak dan protes, Iyul memastikan Pengurus Pusat HIPMI telah merestui bahkan telah memberi selamat kepada ketua HIPMI Sulsel terpilih.

Baca Juga : Jelang Musda, Andi Amar Temui 2 Eks Ketua Umum Hipmi Sulsel

Musda digelar sejatinya untuk melahirkan pemimpin baru di organisasi tanpa adanya perpecahan apalagi dualisme.

“Kami tidak mau memenangkan satu pihak. Kami niatnya hanya musda berlangsung damai, aman, zero accident. Kami ingin melahirkan pemimpin yang memimpin organisasi ini ke depan. Pengurus pusat sudah merestui dan memberi selamat kepada ketua terpilih,” tutup Iyul.

Diketahui, Musyawarah Daerah XVI HIPMI Sulawesi Selatan digelar di Balai Pertemuan Hasanuddin (BPH) Kodam XIV Hasanuddin, Jl Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (9/9/2024) malam.

Baca Juga : Fadli Ananda Sebut HIPMI Sulsel Butuh Pemimpin Seperti Andi Amar Sulaiman

Pada Musda kali ini, Andi Amar Ma’ruf Sulaiman putra Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman resmi ditetapkan sebagai ketua umum HIPMI Sulsel masa bakti periode 2024-2027.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...
Video17 Oktober 2024 20:16
VIDEO: DPR RI Setujui Pemberhentian Budi Gunawan, Herindra Diangkat sebagai Kepala BIN
SULSELSATU.com – DPR RI memberikan persetujuan atas pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menyetujui Budi Gunawan diga...
Ekonomi17 Oktober 2024 20:15
BRI dan IPB University Resmikan Balai Rakyat Indonesia: Dorong Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan
SULSELSATU.com, BOGOR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melanjutkan komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat dengan meresmikan Balai Rakyat ...
Politik17 Oktober 2024 19:32
Legislator Makassar Andi Tenri Uji Dampingi Indira Kampanye di Mariso
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3, Indira Yusuf Ismail, menggelar kampanye di Kecamatan Mariso pada Kamis (17/10/...