Logo Sulselsatu

Kominfo Percayakan Indosat dan Mastercard Latih Satu Juta Talenta Keamanan Siber di Indonesia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 13 September 2024 12:44

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerja sama dengan Cybersecurity Center of Excellence oleh Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Mastercard Indonesia meluncurkan akademi daring untuk mempersiapkan satu juta masyarakat Indonesia di bidang keamanan siber.

Inisiatif ini menandai langkah penting dalam perjalanan Indonesia untuk menjadi ekonomi digital global. Sekaligus, sebagai langkah strategis dalam memperkuat ekosistem digital Indonesia.

Dengan memanfaatkan platform Digital Talent Scholarship (DTS) milik Kominfo, akademi daring ini akan berfokus pada pengembangan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis dalam keamanan siber bagi individu dan usaha kecil.

Baca Juga : IOH Bentuk Talenta Digital Berdaya Saing Global Lewat Kelas AI dan Otomasi di IDCamp 2024

Memastikan individu dan usaha kecil lebih siap melindungi diri di dunia yang semakin terdigitalisasi.

Pada saat yang sama, inisiatif ini juga akan mendorong dan mengasah kemampuan keamanan siber Indonesia baik bagi para profesional yang sudah ada maupun talenta baru. Hal ini diharapkan dapat menambah jumlah spesialis dalam bidang keamanan siber.

Indosat dan Mastercard akan memainkan peran penting dengan menggabungkan upaya pengembangan talenta digital dari Indosat dengan keahlian Mastercard dalam solusi keamanan siber.

Baca Juga : IOH Berdayakan Sektor Perbankan dan Keuangan Indonesia Melalui AI

Peserta program DTS nantinya akan memperoleh keterampilan penting yang dibutuhkan dalam ekonomi digital saat ini, seperti cara menginventarisasi perangkat, apps dan accounts, menguasai pembaruan perangkat lunak dan keamanan daring, melindungi diri dari serangan phishing dan malware, serta mengamankan data bisnis dengan backups.

Inisiatif ini diharapkan dapat memposisikan Indonesia sebagai pemimpin dalam keamanan digital, tidak hanya di Asia Tenggara, tetapi juga di tingkat global.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi menyatakan, Kemitraan ini menandai tonggak penting dalam pengembangan digital Indonesia.

Baca Juga : Telin dan Indosat Business Bangun Kolaborasi Strategis Melalui Platform NeuTrafiX

“Kami berkomitmen untuk mebangun ekosistem digital yang aman dan tangguh, di mana keamanan siber menjadi bagian penting dari misi ini. Dengan bergabungnya Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard, kami meletakkan fondasi kuat untuk mempersiapkan talenta digital Indonesia menghadapi tantangan yang akan datang,” ujar Budi Arie.

Sementara itu, Vikram Sinha selaku President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, Indosat percaya bahwa talenta digital adalah kunci masa depan Indonesia.

Bersama dengan Mastercard, Indosat berkomitmen untuk mempercepat perjalanan Indonesia menuju negara yang maju dan aman secara digital, serta siap bersaing di kancah global.

Baca Juga : IOH di Harpelnas 2024 Bebaskan Telepon Sepuasnya 24 Jam Bagi Pengguna IM3 dan TRI

“Dengan inisiatif bersejarah ini, kami yakin Indosat semakin dekat untuk memenuhi tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia,” kata Vikram.

Country Manager and President Director of Mastercard Indonesia Aileen Goh mengatakan, seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital, frekuensi dan cakupan serangan siber juga meningkat.

Kejahatan siber diproyeksikan akan merugikan dunia sekitar US$13,8 triliun pada 2028. Selain meningkatnya kerentanan, survei global terbaru mengungkapkan bahwa 72 persen serangan siber di Asia disebabkan oleh kekurangan spesialis terampil di bidang ini.

Baca Juga : Kemitraan Strategis Telin dan IOH Kembangkan Indonesia Cable System Express 2

Pengembangan kapasitas dan pembinaan talenta keamanan siber adalah kunci untuk memastikan ketahanan siber dan ekonomi digital yang aman.

Aileen Goh menyebut, Mastercard senang dapat berkontribusi pada inisiatif penting ini bersama Indosat dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Kolaborasi ini akan membekali talenta Indonesia dengan keterampilan, pengetahuan, dan keahlian penting yang diperlukan untuk menghadapi ancaman di masa depan dan memperkuat kepercayaan dalam ekonomi digital, sehingga menjaga masa depan digital Indonesia,” jelas Aileen Goh.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari Cybersecurity Center of Excellence yang diluncurkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard pada April 2024.

Inisiatif ini menetapkan tolok ukur baru untuk pelatihan keamanan siber dan menjadi model bagi program pengembangan talenta digital Indonesia di masa depan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik18 September 2024 10:34
Disambut Tokoh Masyarakat dan Warga Sumpang Binangae, Dokter Ulfah MHG Siap Terima Amanah Jalankan Pemerintahan Barru
SULSELSATU.com, BARRU – Pasangan Calon Bupati Barru Dokter Ulfah dan Wakil Bupati Barru Mudassir Hasri Gani (MHG) diterima dengan penuh hangat o...
News18 September 2024 09:27
PDAM Kota Makassar Turut Sampaikan Kekecewaan atas Penundaan Program dari Kementeruan PUPR
Sejumlah Perusahaan Air Minum se-Indonesia menyampaikan rasa kekecewaan kepada Kementerian PUPR atas penundaan program percepatan penyediaan air minum...
Video17 September 2024 23:23
VIDEO: Siswa RE Binus School Simprug Alami Bullying hingga Pemukulan
SULSELSATU.com – Korban RE (16) siswa Binus School Simprug, Jakarta mengaku kerap dibully oleh sejumlah siswa lainnya. Berdasarkan pengakuannya ...
Politik17 September 2024 22:28
Mantan Legislator Makassar Jagokan Appi-Aliyah, Yakin Perhatikan Rakyat Kecil
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mantan anggota DPRD Makassar Sahruddin Said menyatakan dukungannya kepada pasangan bakal calon wali kota dan wakil wa...