Logo Sulselsatu

Bupati Adnan Hadiri Pelantikan DPRD Sulsel, Harap Mampu Kawal Aspirasi Masyarakat Gowa

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 24 September 2024 18:53

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah 84 Anggota DPRD Sulsel. Foto: Istimewa.
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah 84 Anggota DPRD Sulsel. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah 84 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel masa jabatan 2024-2029 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Selasa (24/9/2024).

Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 khususnya yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Sulsel yang meliputi Kabupaten Gowa dan Takalar.

“Selamat atas pelantikan anggota DPRD Sulsel. Mereka adalah orang-orang yang dipilih masyarakat sehingga semoga mampu mengawal aspirasi masyarakat yang berdampak terhadap kemajuan daerah terlebih di Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Baca Juga : Lengkap! Komposisi Pimpinan dan Ketua Fraksi DPRD Sulsel Periode 2024-2029

Adnan menyebut, kesuksesan yang diraih pemerintah merupakan keberhasilan pula bagi DPRD.

Pasalnya dalam Undang-undang, DPRD masuk dalam penyelenggara pemerintahan bersama kepala daerah.

“Suksesnya pemerintahan itu adalah suksesnya anggota DPRD, dan kegagalan pemerintah juga adalah kegagalan DPRD. Kepala daerah bersama anggota DPRD terhormat sama-sama adalah penyelenggara pemerintahan,” jelas Bupati Gowa dua periode ini.

Baca Juga : Pemkab Gowa Hadirkan Rumah Dilan Dorong Pendidikan dan Keterampilan Perempuan, Ada di 18 Kecamatan

Olehnya ia berharap kerjasama antara pemerintah dan DPRD harus terjalin dengan baik agar pelaksanaan pembangunan berjalan dengan baik pula.

Sementara Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh yang membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri menyampaikan selamat atas purna tugas Anggota DPRD Sulsel Periode 2019-2024 dan selamat bekerja kepada 84 Anggota DPRD Sulsel Periode 2024-2029.

“Pemilihan Umum yang sudah kita selenggarakan pada 14 Februari 2024 yang lalu merupakan Pemilu yang ke-13, dan Alhamdulillah Republik Indonesia, negara kita tercinta mampu menunjukan selama 13 kali pemilu semuanya berjalan dengan tertib dan lancar,” katanya.

Baca Juga : Mentan RI Andi Amran Sulaiman Serahkan Bantuan Total Rp65,4 Miliar ke Pemkab Gowa

Lebih lanjut, pelantikan ini merujuk pada Pasal 18 Ayat 3 Undang-Undang Dasar (UUD) yang mengatakan pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota memiliki anggota DPRD, yang anggotanya dipilih melalui Pemilihan Umum.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pihak keamanan, tokoh masyarakat, partai politik serta rekan-rekan pers,” tuturnya.

Diketahui, anggota DPRD Sulsel periode 2024-2029 yang dilantik merupakan caleg terpilih hasil Pileg 2024. NasDem menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak, yakni 17 kursi.

Baca Juga : Mentan RI Serahkan Berbagai Bantuan Alat Pertanian Saat Kunker di Kabupaten Gowa

Selanjutnya, Golkar 14 kursi, Gerindra 13 kursi, PPP 8 kursi, PKB 8 kursi, PKS 7 kursi, Demokrat 7 kursi, PDIP 6 kursi, PAN 4 kursi, dan Hanura 1 kursi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik17 Oktober 2024 10:47
Kabar Baik Bagi Petani, dr MHG Siapkan Asuransi Gagal Panen dan Jamin Kesediaan Benih Pupuk
SULSELSATU.com, BARRU – Sektor pertanian turut mendapat perhatian khusus dari pasangan dokter Ulfah-MHG. Olehnya itu, calon wakil bupati dan wak...
Politik17 Oktober 2024 08:42
Ingin Perubahan, Masyarakat Tamarunang Tumpah Ruah Sambut Amir Uskara
SULSELSATU.com, GOWA – Calon Bupati Gowa nomor urut 1, Amir Uskara, mendapatkan sambutan meriah dari ribuan masyarakat di BTN Griya Asri Sakinah dan...
Video16 Oktober 2024 23:49
VIDEO: Presiden Ungkap Alasan Pemberhentian Kepala BIN, Jokowi: Atas Permintaan Pak Prabowo
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Jokowi mengatakan pem...
Adventorial16 Oktober 2024 22:37
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Jajarannya Terapkan Nilai PASTI dan BerAKHLAK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, mengadakan arahan kepada seluruh j...