Rektor UNM Kukuhkan Herri Swantoro sebagai Profesor Ilmu Administrasi Publik

Rektor UNM Kukuhkan Herri Swantoro sebagai Profesor Ilmu Administrasi Publik

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sidang terbuka luar biasa untuk mengukuhkan Herri Swantoro sebagai Profesor atau Guru Besar dalam bidang Ilmu Administrasi Publik, Jumat (27/9/2024).

Acara tersebut berlangsung di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, dipimpin langsung oleh Rektor UNM, Prof. Karta Jayadi.

Herri Swantoro, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, hadir didampingi sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua Mahkamah Agung RI, Muhammad Syarifuddin.

Dalam sambutannya, Prof. Karta Jayadi menyampaikan bahwa gelar profesor kehormatan yang dianugerahkan kepada Herri Swantoro adalah sebuah pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa di bidang non-akademik.

Ia menegaskan bahwa pencapaian gelar profesor kehormatan ini tidaklah mudah dan bukan sesuatu yang bisa dicapai oleh sembarang orang.

“Perdebatan itu semakin meninggi ketika karya jurnal yang terindeks selama ini disyaratkan bagi guru besar reguler, ternyata Pak Prof. Herri telah melampaui itu,” kata Prof. Karta Jayadi, merujuk pada pencapaian karya-karya Herri yang melampaui persyaratan untuk menjadi guru besar reguler.

Lebih lanjut, Prof. Karta menegaskan keyakinannya bahwa setiap pemikiran dan karya yang dihasilkan oleh Prof. Herri Swantoro akan memberikan kontribusi besar dalam reformasi dunia peradilan dan administrasi negara.

“Saya yakin dan percaya setiap pemikiran, tindakan, dan karya dari saudara Prof. Herri mampu mengemban amanah untuk mengabdikan diri kepada institusi dan negara,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Herri Swantoro juga memaparkan penelitiannya yang berjudul “Penyelarasan Keadilan dan Kepastian Hukum dalam Prosedur Peninjauan Kembali Perkara Perdata Melalui Pendekatan Hukum Administrasi Negara.”

Dalam pemaparannya, Prof. Herri menyoroti pentingnya reformasi hukum acara perdata nasional dan pengelolaan administrasi negara yang baik (good governance).

Dengan pengukuhan ini, Herri Swantoro resmi menjadi Profesor Kehormatan keenam di UNM, sebuah prestasi yang mencerminkan dedikasinya dalam mengembangkan dunia hukum dan administrasi publik di Indonesia.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga