Logo Sulselsatu

ASN Pemprov Sulsel Diduga Langgar Netralitas Mulai Digarap Bawaslu

Asrul
Asrul

Selasa, 01 Oktober 2024 13:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kordiv Humas, Data, dan Informasi Bawaslu Sulsel Alamsyah mengakui telah menerima laporan terkait flayer dugaan ketidak netralan oknum ASN Pemerintah Provinisi (Pemprov) Sulsel, yang beredar di sosial media.

Ketiganya diketahui merupakan ASN di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel. Salah satunya Yarham yang merupakan Kepala UPT Pendapatan Wilayah Makassar 1. Sementara dua ASN lainnya diketahui bernama Zulkhairil dan Asri.

“Pada hari ini tepatnya jam 9, ada seseorang datang melaporkan terkait item atau konten yang beredar beberapa hari ini,” kata Alamsyah, Senin (30/9/2024).

Baca Juga : Andi Jamaro Dulung Dukung Danny-Azhar di Pilgub, Ajak Yang Lain Bersatu

Alamsyah menjelaskan bahwa laporan tersebut telah diterima oleh pihak Bawaslu dan akan dikembangkan dengan mencari bukti-bukti dan unsur lainnya. Dalam laporan tersebut pihak Bawaslu akan melakukan proses penyelidikan selama dua hari atau dua kali 24 jam untuk menentukan, apakah terbukti sebuah pelanggaran atau tidak.

“Berdasarkan laporan awal tadi, terkait dugaan ketidak netralam oknum ASN pemerintah provinsi Sulsel. Tahapan pemilihan Gubernur Sulsel,” ungkapnya.

Alamsyah menerangkan bahwa setelah pihak Bawaslu memutuskan hasil penulusuran selama dua hari, maka akan dilanjut dalam bentuk pleno dan rapat pembahasan di sentra Gakkumdu.

Baca Juga : Dua Paslon di Pilkada Wajo Masifkan Gerakan Menangkan Andalan Hati di Pilgub Sulsel

Dikatakan, Alamsyah bahwa perhari ini Bawaslu menerima dua laporan yang berbeda, yaitu terkait dugaan ketidak netralan oknum ASN dan terkait bagi-bagi sembako oknum salah satu kader partai politik.

“Berdasarkan laporan oknum ASN Pemprov, yang satu diduga akun TikTok DPW salah satu parpol, masalah bagi-bagi sembako,” jelas Alamsyah.

Lebih lanjut, Alamsyah membeberkan bahwa laporan yang masuk di Bawaslu Sulsel sebanyak 117 laporan yang tersebar di 24 Kabupaten Kota, sedangkan untuk provinsi satu laporan yaitu dugaan ketidak netralan ASN di Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Survei Indikator di Makassar Andalan Hati Kalahkan Danny-Azhar

“Sebagian di proses, sebagian sementara proses,” tandasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video14 Oktober 2024 15:55
VIDEO: Penggeledahan Kantor KONI Makassar Terkait Dugaan Korupsi Dana Hibah
SULSELSATU.com – Kejaksaan Negeri Makassar (Kejari) melakukan penggeledahan di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Makassar. Kantor...
Berita Utama14 Oktober 2024 13:09
Pimpin Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2024, Ini Kata Kapolres Jeneponto
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Polres Jeneponto menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2024, Senin, (14/10/2024). Apel ini dipimpin langsun...
Berita Utama14 Oktober 2024 13:01
Satgas TMMD Ke-122 Kodim 1425Jeneponto Terus Genjot Perintisan dan Pelebaran Jalan Di Desa Tuju
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kodim 1425 Jeneponto yang d...
Berita Utama14 Oktober 2024 12:52
Pembangunan RTLH Melalui TMMD Ke-122 Kodim 1425 Jeneponto di Desa Tuju Sudah 47 Persen
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Progres pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Senin...