Logo Sulselsatu

PTSP Kota Makassar Bersiap Pindah ke Mall Pelayanan Publik

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 01 Oktober 2024 18:35

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar tengah mempersiapkan diri untuk pindah kantor dari Balai Kota ke Mall Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di gedung Makassar Government Center (MGC). Rencana ini telah melalui beberapa tahap persiapan sejak awal tahun 2024.

Kepala Dinas PTSP Kota Makassar, Helmy Budiman, mengungkapkan bahwa proses persiapan ini sudah dimulai sejak bulan Februari.

“Persiapan untuk pindah kantor hari ini tentu kami sudah melakukan beberapa persiapan. Sebenarnya persiapan pindah kantor sendiri, sejak bulan dua (Februari) sudah melakukan assesment terhadap kesiapan MPP itu sendiri,” ungkap Helmy, Selasa (1/10/2024).

Dia juga menambahkan bahwa anggaran untuk sarana dan prasarana sudah diupayakan sejak beberapa waktu lalu. Namun, terdapat tantangan dalam hal penganggaran yang baru disetujui pada APBD Perubahan.

“Dari bulan dua itu kami sudah mendorong anggaran untuk persiapan sarana dan prasarana dan alhamdulillah kemarin di beberapa kesempatan sudah rapat dengan TAPD dan menyampaikan kepada pak wali dan tentunya bagian umum dan Dinas PU,” tambahnya.

Meski harapan awalnya anggaran bisa disetujui secara parsial, PTSP harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

“Alhamdulillah kemarin, meskipun sebenarnya kami berharap kemarin di parsial disetujui, tetapi karena kondisi kemampuan keuangan daerah kita yang belum ada waktu itu. Sehingga, anggarannya kemudian disetujui di perubahan,” jelas Helmy.

Lebih lanjut, Helmy menjelaskan bahwa pengadaan meubeler dan sarana pendukung lainnya dibagi antara Bagian Umum dan PTSP.

“Meubeler sendiri itu dipersiapkan oleh Bagian Umum, sedangkan yang sifatnya non meubeler itu disiapkan oleh di PTSP,” paparnya.

Target untuk perpindahan kantor ini diperkirakan akan selesai pada November, meskipun jadwal peresmiannya masih menunggu konfirmasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

“Target yang ditetapkan oleh Kemenpan RB karena launching untuk MPP itu tidak bisa dilakukan oleh wali kota, itu harus dilakukan oleh Kemenpan RB, nanti didampingi oleh Wali Kota,” kata Helmy.

Kendati demikian, Helmy berharap agar peresmian ini dapat dilakukan bersama Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, yang menginisiasi pembangunan MGC.

“Kami berharap ini bisa nanti waktunya dengan Kemenpan RB dengan Danny Pomanto. Tentu kami berharap beliau akan melaunching,” harapnya.

Meskipun terdapat beberapa kendala, Helmy optimistis bahwa perpindahan kantor ini akan berjalan sesuai rencana.

“Kami berharap untuk perpindahan PTSP ke MPP, ada beberapa kendala yang sudah saya sampaikan, tidak ada hambatan yang berarti kedepannya. Kita bisa on the track,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video14 Oktober 2024 15:55
VIDEO: Penggeledahan Kantor KONI Makassar Terkait Dugaan Korupsi Dana Hibah
SULSELSATU.com – Kejaksaan Negeri Makassar (Kejari) melakukan penggeledahan di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Makassar. Kantor...
Berita Utama14 Oktober 2024 13:09
Pimpin Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2024, Ini Kata Kapolres Jeneponto
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Polres Jeneponto menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2024, Senin, (14/10/2024). Apel ini dipimpin langsun...
Berita Utama14 Oktober 2024 13:01
Satgas TMMD Ke-122 Kodim 1425Jeneponto Terus Genjot Perintisan dan Pelebaran Jalan Di Desa Tuju
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kodim 1425 Jeneponto yang d...
Berita Utama14 Oktober 2024 12:52
Pembangunan RTLH Melalui TMMD Ke-122 Kodim 1425 Jeneponto di Desa Tuju Sudah 47 Persen
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Progres pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Senin...