Logo Sulselsatu

Jubir Amir-Irma Respon Dugaan Ketidaknetralan Pengurus PMI di Gowa

Asrul
Asrul

Rabu, 02 Oktober 2024 08:45

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Juru Bicara (Jubir) Amir Uskara-Irmawati (Aurama), Hirsan Bachtiar Daeng Makkio soroti netralitas pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) di Kabupaten Gowa.

Diketahui sangat jelas sudah ada surat edaran PMI pusat terkait pedoman untuk menjaga prinsip kenetralan gerakan kepalangmerahan dalam pemilihan umum tahun ini.

Hirsan Bachtiar mengatakan bahwa pihaknya menyoroti terkait penggunaan struktur PMI Kabupaten Gowa, yang secara struktur menjadi pengurus di kecamatan itu adalah rata-rata PNS. Dan memang rata-rata pengurus di seluruh kecamatan itu formasinya di isi oleh PNS.

Baca Juga : Calon Bupati Amir Uskara Unjuk Karya di Debat Pilkada Gowa

“Kita banyak mendapatkan laporan masyarakat, di kegiatan mereka itu kemudian juga teman-teman pengurus kecamatan PMI ini melakukan kampanye terselubung untuk mengarahkan dukungan ke pasangan nomor urut 02 Husniah Talenrang-Darmawangsyah Muin (Hati Damai),” ucapnya, Rabu (2/10/2024).

Dia turut mengingatkan pengurus PMI di Kecamatan di Gowa untuk kembali bersikap netral, sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh ketua PMI pusat tentang netralitas pengurus PMI berdasarkan prinsip kenetralan PMI.

“Saya kira itu menjadi catatan penting untuk mengingatkan bahwa ada surat edaran, kalau mau melakukan kegiatan kampanye atau apapun menjadi tim, mereka wajib untuk mengundurkan diri jadi pengurus dulu,” katanya.

Baca Juga : Aurama’ Dapat Apresiasi Tinggi dari Petani Gowa di Debat Pertama

Maka dari itu, berdasarkan laporan-laporan yang diterima pihaknya, bahwa di kegiatan PMI di kecamatan itu baik berupa donor darah dan lain-lain termasuk rapat-rapat itu, ada ajakan atau perintah-perintah dan imbauan-imbauan untuk mendukung calon nomor urut 2 Hati Damai di Pilkada Gowa.

“Itu menjadi catatan yang laporan dari teman-teman di kecamatan-kecamatan di Gowa dan menurut saya itu perlu diatensi,” tuturnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video16 Oktober 2024 23:49
VIDEO: Presiden Ungkap Alasan Pemberhentian Kepala BIN, Jokowi: Atas Permintaan Pak Prabowo
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Jokowi mengatakan pem...
Adventorial16 Oktober 2024 22:37
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Jajarannya Terapkan Nilai PASTI dan BerAKHLAK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, mengadakan arahan kepada seluruh j...
Politik16 Oktober 2024 22:19
Fatmawati Rusdi Dikenal Peduli Isu Perempuan dan Kelompok Rentan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fatmawati Rusdi dinilai sebagai sosok yang sangat concern dengan isu perempuan. Menurut Sekretaris Forum Alumni HMI W...
Video16 Oktober 2024 21:56
VIDEO: Pendaki Alami Insiden di Gunung Gandang Dewata Berhasil Dievakuasi
SULSELSATU.com – Pendaki yang mengalami trouble saat perjalanan turun gunung berhasil dievakuasi. Kejadian ini terjadi di Gunung Gandang Dewata,...