Logo Sulselsatu

Andalan Hati Ingin Tingkatkan Akses Listrik di Pulau dan Pedesaan Melalui Pengembangan Energi Terbarukan

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 05 Oktober 2024 12:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masyarakat pulau dan pedesaan harus mendapatkan fasilitas yang sama diberikan pemerintah kepada warga di perkotaan. Hal itu sangat penting demi terwujudnya pembangunan yang adil untuk semua.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) sadar akan hal itu. Oleh karenanya, keduanya telah menyiapkan sejumlah program yang nantinya akan dikerjakan jika terpilih di Pilgub Sulsel 2024.

Juru Bicara Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim mengatakan, Andi Sudirman selama ini telah menunjukkan kepeduliaannya kepada masyarakat pulau ketika masih menjadi Gubernur Sulsel periode lalu.

Baca Juga : Masyarakat Soppeng Komitmen Menangkan Andalan Hati di Pilgub Sulsel

“Beliau telah membangun penerangan jalan umum tenaga surya di Pulau Samalona serta mengupayakan layanan penyediaan listrik dari 16 jam/hari menjadi 24 jam/hari di Pulau Lae-Lae di Tahun 2022 meskipun masih menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD),” ujarnya, Sabtu (5/10/2024).

Selain itu, Andi Sudirman juga telah memberikan bantuan pasang baru listrik PLN secara gratis untuk masyarakat kurang mampu di pulau utama dan telah berlangsung sejak tahun 2022 dengan sasaran sebanyak 347 RT.

“Program tersebut memang dijalankan untuk meningkatkan akses listrik di wilayah pedesaan yang belum terjangkau oleh jaringan listrik konvensional,” jelas Ramli.

Baca Juga : Jubir Andalan Hati Sebut Janji Danny Lunasi Utang Pemprov 1,7 T Terlalu Mudah

Ramli mengungkapkan, kedepannya Andalan Hati akan terus meningkatkan akses listrik kepada masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) dan kepulauan, yang mana penggunaan Jaringan Kabel Listrik Bawah Laut, PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu), dan mikrohidro merupakan pilihan teknologi yang akan digunakan.

Andalan Hati telah menyiapkan program salah satunya yaitu meningkatkan akses listrik di kepulauan dan wilayah pedesaan melalui pengembangan energi terbarukan,” bebernya.

Program itu, kata dia, akan mendukung ketahanan energi di daerah-daerah terpencil dengan memastikan ketersediaan listrik yang lebih andal dan berkelanjutan, mengurangi ketergantungan pada PLTD, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah terpencil yang memiliki potensi pariwisata.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Putuskan Kepala Samsat Makassar Yarham Yasmin Langgar Netralitas ASN

“Program ini juga untuk penanggulangan desa sangat tertinggal, sekaligus pemerataan pembangunan yang berkeadilan. Adapun untuk masyarakat kurang mampu di pulau utama, akan diberikan bantuan pasang baru listrik PLN secara gratis,” tandasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik07 Oktober 2024 14:25
Masyarakat Soppeng Komitmen Menangkan Andalan Hati di Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, SOPPENG – Masyarakat Kabupaten Soppeng menyatukan dukungan untuk Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan nom...
Politik07 Oktober 2024 13:24
Ketua GenPI Sulsel Asriadi Rijal Siap All Out Menangkan dr Ulfah-MHG
SULSELSATU.com, BARRU – Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Barru, drg. Hj. Ulfah Nurul Huda Suardi, MARS dan Mudassir Hasri Gani (MHG) terus...
Politik07 Oktober 2024 12:27
Mantan Kades Binuang Wakafkan Dukungan untuk dr Ulfah-MHG di Pilkada Barru 2024
SULSELSATU.com, BARRU – Karakter sederhana serta dekat dengan masyarakat yang dimiliki pasangan dokter Ulfah-MHG menjadi daya tarik tersendiri s...
Adventorial07 Oktober 2024 12:00
13.200 Orang Dapatkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis BRI Peduli di Berbagai Wilayah Indonesia
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pelayanan kesehatan yang baik merupakan hak dasar setiap orang dan berkontribusi terhadap kualitas hidup dan produktivitas...