Logo Sulselsatu

TNI Ajak Pemkot Makassar Ciptakan Lingkungan Bersih

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Selasa, 08 Oktober 2024 16:27

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, TNI bersama pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengajak seluruh komponen masyarkat mengadakan besih-bersih lingkungan.

Kepala Staf Kodim 1408 Makassar Letkol Kadir Tangdiesak mengatakan, TNI mengajak unsur Pemkot Makassar seperti tenaga kebersihan, Damkar, Satpol PP dan perangkat lainnya untuk membersihkan kanal di Jl Andi Djemma.

“Pemda, kepolisian, kelompok masyarakat, kita libatkan dalam mewujudkan Makassar sebagai kota yang bersih,”ucap Kadir, Selasa (8/10/2024).

Baca Juga : Pemkot Makassar Bersama PCNU Jadikan Hari Santri Sebagai Bentuk Simpati Satu Tahun Agresi Israel ke Palestina

Dia menyebut banyak rangkaian kegiatan sebagai peringatan hari jadi ini. Seperti bakti sosial berupa donor darah, pengobatan gratis, pemberian bantuan kepada masyarakat, pembersihan lingkungan termasuk kanal, penanaman pohon dan lainnya.

Itu semua bertujuan untuk memupuk kekompakan dan komunikasi kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan humanis dan lingkungan ini. “Ini bukti bahwa TNI hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka memberikan kontribusinya,” ucapnya.

Kanal dipilih lantaran mengingat musim hujan yang sudah dekat. Biasanya banyak tumpukan sampah di kanal sehingga harus diangkut agar tidak menyumbat aliran air.

Baca Juga : Piala Adipura, Pemkot Makassar Fokus Benahi TPA

Dia berharap Kota Makassar makin indah, dan masyarakat menjadi sehat. Maju dari aspek kebersihan, dan peduli terhadap lingkungannya sendiri.

Camat Mamajang Andi Irdan Pandita juga mengapresiasi kegiatan bersih-bersih lingkungan itu.

Dia mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan juga kanal tersebut.

Baca Juga : Cetak Sejarah Baru, Pemkot Makassar Raih Juara 1 Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Nasional

“Mari bersama membersihkan kanal agar tidak tersumbat. Jadikan momentum ini untuk menjaga alam agar terhindar dari banjir,” ajaknya.

Karya bakti berlangsung sekira pukul 7.30 WITA hingga pukul 08.00 lebih. Belasan truk sampah, Viar roda tiga juga dilibatkan mengangkut sampah-sampah dari kanal itu.

Di antaranya, sampah plastik, botol air mineral plastik, bungkusan cemilan, potongan kayu dan sebagainya.

Baca Juga : Pemkot Makassar Raih Penghargaan 5 Terbaik Inovasi Kelompok Berkelanjutan

Mereka bahu-membahu mengambil sampah yang berserakan. Dengan kantong plastik dan karung petugas kebersihan juga TNI dan kepolisian mengevakuasi sampah satu-persatu. Alhasil dengan gorong-royong kanal sepanjang puluhan meter tersebut bersih dari sampah. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video16 Oktober 2024 23:49
VIDEO: Presiden Ungkap Alasan Pemberhentian Kepala BIN, Jokowi: Atas Permintaan Pak Prabowo
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Jokowi mengatakan pem...
Adventorial16 Oktober 2024 22:37
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Jajarannya Terapkan Nilai PASTI dan BerAKHLAK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, mengadakan arahan kepada seluruh j...
Politik16 Oktober 2024 22:19
Fatmawati Rusdi Dikenal Peduli Isu Perempuan dan Kelompok Rentan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fatmawati Rusdi dinilai sebagai sosok yang sangat concern dengan isu perempuan. Menurut Sekretaris Forum Alumni HMI W...
Video16 Oktober 2024 21:56
VIDEO: Pendaki Alami Insiden di Gunung Gandang Dewata Berhasil Dievakuasi
SULSELSATU.com – Pendaki yang mengalami trouble saat perjalanan turun gunung berhasil dievakuasi. Kejadian ini terjadi di Gunung Gandang Dewata,...