Logo Sulselsatu

World Clean Up Day 2024, PLN Kolaborasi Bersihkan Area Taman Wisata Alam Batu Putih

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 09 Oktober 2024 20:10

PLN UIP Sulawesi aksi bersih Taman Wisata Batu Putih. Foto: Istimewa.
PLN UIP Sulawesi aksi bersih Taman Wisata Batu Putih. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara (UPP Sulut) melaksanakan aksi bersih-bersih Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih pada Jumat (20/9/2024).

Aksi bersih ini dalam rangka World Clean Up Day yang diperingati setiap 20 September.

PLN UIP Sulawesi kolaborasi bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara, Yayasan Kinatouan Pelestarian Alam Sulawesi – Selamatkan Yaki, Forum Masyarakat Konservasi Hutan (FMKH) Kota Bitung, Kelompok Pemandu Wisata Tangkoko dan pemerintah setempat.

Baca Juga : YBM PLN Ajak Siswa SMK Kartika XX-1 Optimalkan Potensi Diri

Ketua FMKH Kota Bitung Jhony Ngala mengatakan, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan yang sekaligus merupakan habitat satwa endemik Yaki.

“Kegiatan yang berlangsung di TWA Batu Putih ini berhasil mengumpulkan sebanyak 177,06 Kg sampah yang akan didistribusikan ke Bank Sampah di Kelurahan Girian,” tuturnya.

Senada dengan itu, salah satu peserta yang juga selaku Pemandu Wisata Alam Batu Putih Henry Palamina mengaku antusias dalam mengikuti aksi bersih-bersih TWA Batu Putih.

Baca Juga : YBM PLN Bagi Alat Tulis untuk Santri Pondok Pesantren DDI ABRAD

“Diadakannya kegiatan World Clean Up Day di Taman Wisata Alam Batu Putih membuat kami selaku pemandu wisata alam merasa bangga dan termotivasi untuk mendukung program pemerintah dalam melestarikan lingkungan, khususnya TWA Batu Putih yang merupakan habitat bagi satwa-satwa endemik yang ada di Sulawesi Utara,” ujar Henry.

Kepala BKSDA Sulawesi Utara Askhari DG Masikki memberikan respon positif terhadap kegiatan tersebut karena menyangkut kebersihan lingkungan terutama keasrian Taman Wisata Alam Batu Putih.

Kebersihan Taman Wisata dan tempat yang menjadi habitat satwa endemik adalah hal yang penting untuk diperhatikan, sebab menyangkut kesehatan satwa dan kenyamanan pengunjung.

Baca Juga : PLN UIP Sulawesi Terima 199 Sertifikat Aset Tanah di Peringatan Hantaru 2024

Ia berharap setelah kegiatan ini tingkat kesadaran masyarakat lebih meningkat.

“Taman Wisata Alam Batu Putih ini juga adalah rumah bagi hewan endemik yang kita lindungi yakni Yaki, di mana habitatnya akan berpengaruh terhadap kesehatan mereka. Selain itu kebersihan juga berpengaruh pada kenyamanan wisatawan saat berkunjung,” pungkasnya.

Manager PLN UPP Sulut Muh Arfa Aboe Kasim menyampaikan aksi bersih-bersih Taman Wisata Alam Batu Putih ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan salah satu bentuk upaya PLN dalam menerapkan prinsip ESG pada proses bisnisnya.

Baca Juga : PLN Peduli Desa Berdaya Beteleme Lestarikan Objek Wisata Air Panas di Morowali Utara

“Kegiatan yang dilakukan dalam rangka World Clean Up Day ini selain untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung TWA Batu Putih, tapi juga untuk menjaga habitat satwa endemik monyet Yaki yang dilindungi di sini,” ujar Arfa

Muh Arfa menambahkan, program PLN Peduli yang dijalankan adalah sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan di sekitar proyek infrastruktur PLN khususnya di wilayah kerja Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara.

“Hingga saat ini PLN secara konsisten mendukung program konservasi Selamatkan Yaki yang sudah berjalan kurang lebih selama tiga tahun sejak 2022. Walaupun di tahun ini program telah memasuki tahapan exit strategy, harapannya upaya-upaya yang telah diberikan dapat mendukung keberlanjutan ekosistem darat di Kota Bitung,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar12 Oktober 2024 20:13
Selesaikan Disparitas Data ASN Terbanyak, Pemprov Sulsel Diganjar Penghargaan Dari BKN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan diganjar penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) karena berhasil menye...
Sulsel12 Oktober 2024 18:05
Mentan RI Andi Amran Sulaiman Serahkan Bantuan Total Rp65,4 Miliar ke Pemkab Gowa
Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman berkunjung ke Kabupaten Gowa dalam rangka kunjungan kerja (kunker). Dalam kunker tersebut, Andi Amran menyera...
Video12 Oktober 2024 18:01
VIDEO: Calon Gubernur Maluku Utara Benny Laos Tewas dalam Ledakan Speedboat
SULSELSATU.com – Calon Gubernur MAluku Utara, Benny Laos meninggal dunia usai speedboat yang ditumpanginya meledak. Kejadian ini terjadi di Pela...
Metropolitan12 Oktober 2024 17:18
Siap-siap Operasi Zebra Digelar Mulai 14 Oktober 2024, Lengkapi Kendaraan Anda
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar akan melaksanakan Operasi Zebra Pallawa 2024 selama 14 hari, mulai 14 hingga ...