Pengusaha Muda Lutim Dukung Isrullah-Usman Kuatkan UMKM Lewat Pariwisata di Luwu Timur

Pengusaha Muda Lutim Dukung Isrullah-Usman Kuatkan UMKM Lewat Pariwisata di Luwu Timur

SULSELSATU.com, LUTIM – Pengusaha muda Luwu Timur, Muh. Buya Adzan Baso, mendukung penuh program pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Isrullah Achmad dan Usman Sadik, terkait pengembangan sektor pariwisata.

Menurutnya, program tersebut dapat mengangkat potensi pariwisata di Luwu Timur sekaligus memperkuat UMKM di daerah tersebut.

“Saya lihat ada program kerja Pak Isrullah dan Pak Usman di sektor pariwisata. Kebetulan saya berada di Sorowako, dan saya berharap program ini bisa menaikkan atau membuka sektor ekonomi baru dari segi pariwisata,” kata Buya Adzan Baso saat dihubungi, Jumat (11/10/2024).

Buya menyoroti potensi pariwisata di kawasan Danau Matano dan Pantai Ujung Suso yang bisa menjadi daya tarik besar jika dikelola dengan baik.

“Apalagi dengan keindahan Danau Matano, saya rasa program kerja itu bisa terealisasi. Kedua, ada Pantai Ujung Suso, wisata air. Untuk wisata alam lainnya, mungkin masih perlu ditemukan. Saya berharap dengan riset dan kunjungan ke setiap daerah di Luwu Timur, potensi wisata alam bisa ditemukan dan dikembangkan,” ucapnya.

Selain itu, Buya menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor pariwisata dan UMKM dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

“Betul sekali, kolaborasi antara pariwisata dan pengembangan UMKM sangat penting. Bagaimana UMKM bisa berkembang? Pasti harus didukung oleh sektor pariwisata, karena pariwisata ini kan menghadirkan banyak orang,” jelasnya.

Menurut Buya, pengembangan pariwisata di Danau Matano, yang dekat dengan wilayah Sulawesi Tengah, memiliki potensi besar untuk menarik pasar dari daerah tersebut.

“Kita tahu berapa banyak populasi pekerja di sana, dan bisa dikatakan minim rekreasi. Dengan berkembangnya sektor pariwisata di Danau Matano, akses yang dekat akan memudahkan orang berdatangan dari Sulawesi Tengah. Otomatis, UMKM akan berkembang karena ada pasar yang besar,” tegas Buya.

Dengan visi Isrullah-Usman yang berfokus pada pengembangan pariwisata dan penguatan UMKM, Buya berharap sektor-sektor ini akan membawa perubahan positif bagi perekonomian Luwu Timur di masa depan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga