Seto Traktir Warga Makan Sop Ubi Usai Salat Jumat

Seto Traktir Warga Makan Sop Ubi Usai Salat Jumat

SULSELSATU.com, MAKASSAR — Calon Wali Kota Makassar, Andi Seto Gadhista Asapa, kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Usai menunaikan salat jumat di Masjid Istiqomah, Seto mentraktir para jemaah dan warga sekitar menyantap sop ubi di Jalan Sungai Saddang, Kelurahan Maradekaya Selatan, Kecamatan Makassar, Jumat (11/10/2024).

Bagi Seto, makan siang ini tidak hanya sebagai ajang kulineran khas Makassar,  tetapi juga sebagai ruang mempererat silaturahmi dan mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat.

“Alhamdulillah, hari ini kami makan siang bersama masyarakat dan jemaah Masjid Istiqomah. Sop ubinya enak, tapi yang paling penting adalah kebersamaannya,” ucap Seto.

Pria yang lahir dan besar di Makassar ini mengaku bahwa kebiasaan makan di pinggir jalan sudah ia jalani sejak kecil. “Sejak kecil saya sudah terbiasa jajan di pinggir jalan. Dulu, di depan rumah saya di daerah Hartaco, saya sering jajan bakso di pinggir jalan. Jadi, kegiatan seperti ini bukan hal baru bagi saya,” tutur pria kelahiran 40 tahun silam itu.

Ini bukan kali pertama Seto menikmati kuliner pinggir jalan. Dalam berbagai kegiatan kampanyenya, ia kerap mampir ke warung-warung kecil untuk makan bersama warga. Hal ini sekaligus untuk menyerap aspirasi dari para pelaku UMKM.

Seto beralasan, pemerintah memiliki tanggung jawab besar untuk memajukan sektor UMKM. Sebab, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian.

Atas dasar itulah, Seto yang berpasangan dengan Rezki Mulfiati Lutfi menggagas pembentukan Pusat Pelatihan UMKM di Setiap RW dan bantuan modal usaha yang dibarengi dengan pendampingan. Program ini diharapkan agar para pelaku UMKM bisa naik kelas dan dapat menekan angka pengangguran.

Salah satu warga yang ikut serta dalam makan siang tersebut, Imran, mengaku kagum dengan kesederhanaan Seto. “Ini baru pertama kali saya makan bersama calon Wali Kota Makassar. Beliau sangat sombere (ramah) dan mau bergaul dengan siapa saja. Kita butuh pemimpin seperti ini, yang dekat dengan masyarakat,” ungkapnya. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga