Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Siapkan Rp12,38 Miliar Uang Layak Edar untuk Lima Pulau 3T

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Siapkan Rp12,38 Miliar Uang Layak Edar untuk Lima Pulau 3T

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan melalui Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024 menyiapkan Rp12,38 miliar uang rupiah layak edar.

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 ini akan menyasar lima pulau terluar di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, dan Terpencil) di Kabupaten Selayar.

Pulau 3T yang akan dikunjungi adalah Pulau Jinato, Kalaotoa, Bonerate, Kayuadi, hingga Selayar. Kegiatan ini sekaligus memeriahkan Festival Takabonerate 2024 di Pulau Jinato dengan tema ‘Alam Lestari, Masyarakat Sejahtera, Rupiah Berdaulat’.

Dalam ekspedisi ini, BI Sulsel bersinergi dengan TNI Angkatan Laut menggunakan Kapal Perang KRI Tombak-629.

Rizki Ernadi Wimanda selaku Kepala Perwakilan BI Sulsel menyatakan, upaya ini merupakan bagian dari amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

“Pengedaran rupiah di seluruh wilayah NKRI bukan hanya soal alat pembayaran, tetapi juga simbol kedaulatan bangsa,” ungkap Rizki.

Tantangan geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dengan infrastruktur terbatas menjadikan sinergi dengan TNI AL sangat penting untuk memastikan distribusi uang di daerah 3T.

BI Sulsel juga akan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP) mengajak masyarakat untuk mengenali, merawat, dan menjaga rupiah.

Edukasi ini penting agar masyarakat di wilayah 3T dapat memahami nilai rupiah sebagai simbol kebanggaan nasional dan alat pembayaran yang sah.

Dengan langkah-langkah ini, BI Sulsel berharap dapat memperkuat kehadiran rupiah di wilayah terluar sekaligus memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat melalui program-program sosial yang dibawa dalam ekspedisi ini.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga