Logo Sulselsatu

Gerakan Pangan Murah, Stabilkan Harga dan Kendalikan Inflasi di Makassar

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Rabu, 16 Oktober 2024 14:43

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis mengharapkan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak di Kota Makassar mampu mengendalikan inflasi dan menstabilkan harga kebutuhan pokok.

“Kami Pemkot Makassar turut berpartisipasi menghadirkan Gelar Pangan Murah yang kami tempatkan di Kecamatan Tamalate,” kata Arwin, Rabu (16/10/2024).

Arwin menyebut kegiatan hari ini dilakukan secara terintegrasi dengan 24 Kabupaten kota yang mana Pemprov Sulsel menginisiasi pagelaran pangan murah dalam rangka HUT Sulsel ke 355 sekaligus dirangkaikan Hari Pangan Sedunia.

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah Jadi Solusi Pemkot Tekan Laju Inflasi di Parepare

“Kita harap ini juga merespon kebutuhan masyarakat. Apalagi harga bahan pokok saat ini kadang tidak stabil di pasar sehingga dengan intervensi ini diharapkan mampu menstabilkan harga,” kata Arwin.

Dia mengaku sudah menginstruksikan Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Perdagangan, Kadis Koperasi untuk membangun kolaborasi yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan.

Agar melibatkan seluruh BUMN, lembaga pemerintah, dan pelaku usaha pangan lainnya. Hal itu diharapkan mereka ikut ambil bagian dalam menghadirkan bahan pokok yang terjangkau dengan harga yang ditawarkan sesuai dengan distributor.

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah Sulsel Berhasil Tekan Inflasi dan Jadi Contoh Daerah Lain

“Itu yang kami dorong agar tidak bergantung APBD,” ucapnya.

Saat ini posisi inflasi Makassar di bulan September lalu berada pada angka 1,54 persen. Angka itu turun dibanding Agustus yakni 1,64 persen.

Dengan begitu Pemkot Makassar menjadi yang terendah dari rata-rata nasional dan provinsi.

Baca Juga : Kelompok Tani Organik Binaan PT Vale Ikut Ramaikan Gerakan Pangan Murah Serentak di Morowali

“Ini patut disyukuri bahwa kerja-kerja pemerintah, instansi lembaga dan non pemerintah semuanya bergerak melakukan intervensi di pasar, menjamin ketersediaan pasokan, menstabilkan harga, sehingga daya beli masyarakat semakin baik dan inflasi stabil,” tutupnya. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar16 Oktober 2024 18:35
Toyota Rangga Bakal Gelar Pesta di Mal Ratu Indah, Tampilkan Tiga Konsep Berbeda
Kalla Toyota siap menggelar Pesta Rangga untuk peluncuran Toyota All New Hilux Rangga pada tanggal 19 Oktober 2024 mendatang di Mal Ratu Indah. ...
Makassar16 Oktober 2024 17:59
OJK Edukasi Keuangan 500 UMKM Perempuan di Wash Campaign PNM Makassar
Kantor OJK Sulselbar berkolaborasi dengan PT Pemodalan Nasional Madani (PNM) memberikan edukasi kepada 500 UMKM perempuan di Kota Makassar....
Berita Utama16 Oktober 2024 17:20
International Conference on Administrative Science, Pemkot Makassar Dukung Ekonomi Biru dan Hijau
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menghadiri pembukaan The 2nd International Conference on Ad...
Berita Utama16 Oktober 2024 16:49
Usai Ditetapkan, Komisi II DPRD Jeneponto Langsung Tancap Gas Kunjungi OPD Mitra Kerjaannya
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Jeneponto Langsung tancap gas melakukan koordinasi sekaligus silatur...