Logo Sulselsatu

Delegasi Misi Bisnis Spanyol Kunjungi Pelabuhan Balikpapan dan KKT, Jajaki Peluang Investasi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 16 Oktober 2024 20:14

Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Balikpapan. Foto: Istimewa.
Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Balikpapan. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Balikpapan mendapat kunjungan Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol yang dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Spanyol Muhammad Najib.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjajaki peluang investasi dan kerja sama di sektor logistik dan perdagangan.

Kunjungan delegasi yang terdiri dari Duta Besar RI untuk Spanyol, Atase Perdagangan KBRI Madrid Prabhata Ganendra (Genda), Manager of Maspalomas Real Estate Mr. Juan Luis García, Business Development Manager for ASEAN of IDOM ⁠Ms. Melba Martin, dan Staf Atase Perdagangan KBRI Madrid Mahadi Surya.

Baca Juga : OJK Sebut Investor Pasar Modal di Sulsel Tumbuh 33,57 Persen per Juli 2024

Mereka disambut Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis bersama Direktur Utama PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) Enriany Muis, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Balikpapan Suhadi Hamid, dan Vice President Layanan Operasi PT Pelindo Terminal Petikemas Rouland Prakarsa Koswara.

Kunjungan di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Rabu (16/10/2024) ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Spanyol, sekaligus menggali potensi kerja sama yang saling menguntungkan.

Duta Besar RI untuk Spanyol Muhammad Najib mengatakan, terkesan dengan potensi Pelabuhan Semayang. Kunjungan ini merupakan langkah positif dalam mempererat kerja sama antara kedua negara.

Baca Juga : Kehadiran MNP Tingkatkan Infrastruktur Pelabuhan di Indonesia

“Melihat banyak peluang untuk kolaborasi, terutama dalam meningkatkan efisiensi logistik dan perdagangan. Kami berharap dapat menjalin kemitraan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan,” kata Muhammad Najib.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis mengatakan, kunjungan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Spanyol.

“Mendorong peningkatan investasi asing di sektor-sektor strategis seperti energi, infrastruktur, dan perdagangan,” ujar Abdul Azis.

Baca Juga : Tiga Tahun Merger, Pelindo Sukses Catat Kinerja Positif

Menurut dia, kunjungan ini juga merupakan langkah positif dalam memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

“Diharapkan, kunjungan ini dapat menghasilkan kerja sama yang mendukung pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat membuka jalan bagi kerja sama yang lebih luas di masa depan,” ujarnya.

Selain mengunjungi Pelabuhan Semayang, Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol juga berkesempatan untuk mengunjungi PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT), perusahaan yang dibentuk Pelindo untuk mengelola dan memberikan jasa kepelabuhanan di Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca Juga : Satgas PASTI OJK Hentikan 2.500 Pinjol dan 241 Penawaran Investasi Ilegal

Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol berkesempatan melihat langsung ruangan Planning & Control Port of Kariangau yang merupakan salah satu bentuk transformasi PT KKT dalam mendukung pelayanan berbasis PnC serta untuk lebih meningkatkan koordinasi dalam operasional di pelabuhan.

Direktur Utama PT KKT Enriany Muis mengatakan, ruang pengendali operasi yang baru diresmikan pada sekitar pertengahan Agustus 2024 ini merupakan fasilitas yang dapat mengatur seluruh aktivitas di Terminal Petikemas Kariangau.

“Ini adalah tahap yang dilakukan dalam mendukung pelayanan berbasis PnC dan memungkinkan koordinasi yang lebih baik lagi ke depannya,” kata Enriany.

Baca Juga : 1.500 Karyawan Rayakan Hari Pelindo 2024 dengan Jalan Sehat di Pelabuhan Makassar

Adapun, kunjungan Delegasi Misi Bisnis ini diharapkan dapat membuka jalan bagi kerja sama yang lebih erat antara Indonesia dan Spanyol, serta mendorong investasi di sektor yang strategis.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik16 Oktober 2024 22:19
Fatmawati Rusdi Dikenal Peduli Isu Perempuan dan Kelompok Rentan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fatmawati Rusdi dinilai sebagai sosok yang sangat concern dengan isu perempuan. Menurut Sekretaris Forum Alumni HMI W...
Video16 Oktober 2024 21:56
VIDEO: Pendaki Alami Insiden di Gunung Gandang Dewata Berhasil Dievakuasi
SULSELSATU.com – Pendaki yang mengalami trouble saat perjalanan turun gunung berhasil dievakuasi. Kejadian ini terjadi di Gunung Gandang Dewata,...
Ekonomi16 Oktober 2024 21:32
Tingkatkan Perlindungan Konsumen, OJK Sulselbar Sudah Edukasi 133.005 Masyarakat Tahun Ini
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar sejak Januari sampai dengan Agustus 2024 berhasil mengedukasi 133.005 orang....
Aneka16 Oktober 2024 20:24
BYD Haka Auto Tawarkan Dua Pilihan Solusi Charging Bagi Konsumen
Mendukung transisi kendaraan listrik di Indonesia, setiap dealer BYD Haka Auto menyediakan dua pilihan solusi home charging yang fleksibel bagi konsum...