Logo Sulselsatu

Beredar Surat Pengangkatan Irwan Adnan “Pakintaki” Sebagai Pj Sekda Makassar

Asrul
Asrul

Kamis, 17 Oktober 2024 17:22

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Beredar surat pengangkatan mantan bakal calon Wali Kota Makassar Irwan Rusfiady Adnan yang dikenal dengan slogannya “Pakintaki” sebagai Pj Sekda Kota Makassar.

Keputusan penunjukan Irwan Adnan tertuang dalam surat resmi dari Gubernur Sulawesi Selatan, dengan nomor 800.1.10.2/2468/BKD, yang dikeluarkan pada 16 Oktober 2024 dan ditujukan kepada Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis.

Surat tersebut menyebutkan bahwa penunjukan Irwan Adnan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 mengenai Penjabat Sekretaris Daerah.

Baca Juga : Pj Sekda Makassar Hadiri Rakornas P2DD, Tegaskan Komitmen Majukan Digitalisasi Transaksi Pemda

Dalam peraturan ini, dinyatakan bahwa Bupati atau Wali Kota berhak mengangkat Penjabat Sekda untuk melaksanakan tugas-tugas Sekretaris Daerah setelah mendapat persetujuan dari gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

“Bupati/Walikota mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah setelah mendapat Persetujuan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat,” demikian bunyi petikan surat tersebut.

Peraturan ini juga menetapkan bahwa Penjabat Sekda hanya boleh diangkat untuk jangka waktu maksimal tiga bulan, terutama dalam situasi kekosongan jabatan Sekda.

Baca Juga : Pj Sekda Kota Makassar dan Dewan Pimpinan Australia Perkuat Kerjasama di Bidang Pariwisata dan Pendidikan

Penunjukan Irwan Adnan sebagai Pj Sekda merupakan tindak lanjut dari usulan yang diajukan Pjs Wali Kota Makassar melalui surat pada 9 Oktober 2024.

Dalam surat tersebut, Arwin Azis mengusulkan tiga nama calon untuk posisi Pj Sekda, termasuk Irwan Adnan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Muhammad Mario Said, serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andi Muhammad Yasir.

Firman Pagarra sendiri telah menjabat sebagai Pj Sekda Makassar sejak 10 Januari 2024, menggantikan Muhammad Ansar yang pensiun pada 31 Desember 2023.

Baca Juga : Pj Sekda Makassar Jadi IRUP Pelepasan Jenazah Almarhum Kabag Perekonomian

Penunjukan ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam pengelolaan pemerintahan di Kota Makassar, terutama dalam perekonomian dan pembangunan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis17 Oktober 2024 18:26
Kalla Toyota Selama September 2024 Catat Market Share 37,5 Persen di Empat Provinsi
Kalla Toyota mencatat market share hingga 37,5 persen untuk empat provinsi, yaitu Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra....
Video17 Oktober 2024 18:21
VIDEO: Kecelakaan di Pertigaan Boulevard Makassar, Mobil Tabrak Tiang
SULSELSATU.com – Sebuah kecelakaan tunggal terjadi di pertigaan Boulevard, Kota Makassar, pada Rabu (16/8/2024) malam. Sebuah mobil berwarna putih t...
Makassar17 Oktober 2024 17:58
Krisis Air Tiap Kemarau, PDAM Makassar Beri Solusi Terbaik Bagi Masyarakat Daerah Utara Kota
Menanggapi aduan warga dan pelanggan yang merasakan minimnya pasokan air bersih setiap musim kemarau tiba, Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar memb...
Politik17 Oktober 2024 17:39
Siap-siap, Seto Wali Kota Makassar Maka Guru Mengaji Hingga Imam Masjid Dapat Insentif Bulanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi (Seto-Rezki)...